Vaksin Sinovac untuk Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat Tiba di Labuan Bajo

  • Whatsapp
Sebanyak 6.200 vial/dosis Vaksin Sinovac tiba di Labuan Bajo, Minggu (31/1/2021).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Sebanyak 6.200 vial/dosis Vaksin Sinovac untuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai, NTT tiba di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Minggu (31/1/2021).

Vaksin tiba dengan menggunakan pesawat Wings Air dengan Nomor ATR 72-500 pada pukul 12.15 Wita. Sebanyak 6.200 vial Vaksin Sinovac ini terbagi ke dalam tiga koli, dengan peruntukan 2 koli dengan jumlah 4.600 vial Vaksin untuk Kabupaten Manggarai dan 1 koli dengan jumlah 1.600 vial Vaksin Sinovac untuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Bacaan Lainnya

“Untuk Manggarai Barat ada 40 box @40 vial, total 1.600 vial Vaksin Sinovac, sedangkan untuk Kabupaten Manggarai ada 115 box @40 vial, total 4.600 vial Vaksin Sinovac,” ujar Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin STP, Minggu (31/1/2021).

Vaksin Sinovac ini kemudian dibawa ke Gedung Farmasi Pemkab Mabar dengan pengawalan ketat dari pihak keamanan yang terdiri dari unsur TNI dan Polri.

Penjabat Sementara (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai Barat, Ismail Surdi menjelaskan, dari total 1.600 vial / dosis Vaksin Sinovac milik Pemkab Mabar, sebanyak 1.575 vial/dosis vaksin diperuntukan untuk tenaga kesehatan, baik yang bekerja di instansi pemerintah maupun swasta. Sementara 10 vial/dosis diperuntukan bagi pejabat esensial serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Dari 1.600 vial vaksin untuk Manggarai Barat, sebagian besar diperuntukan tenaga kesehatan pemerintah maupun swasta yakni 1.575 vial vaksin. Sedangkan 10 vaksin untuk pejabat esensial yakni Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama,” jelas Ismail.

Ismail melanjutkan untuk Kabupaten Manggarai Barat, pelaksanaan vaksinasi akan berlangsung di 23 titik. Pendistribusian vaksin akan dilakukan Selasa (2/2/2021).

“Pelaksanaan vaksinasi akan berlangsung di 23 titik, yakni 2 rumah sakit, RSUD Komodo dan Siloam Labuan Bajo dan 20 puskesmas. Dari sini mulai Selasa (2/2) akan dilakukan pendistribusian ke 23 titik tersebut. 10 sasaran esensial sudah melakukan tahap awal yakni screening kesehatan diantaranya yakni Forkopimda, Ketua DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ujar Ismail.

Khusus untuk tenaga kesehatan nantinya sebelum dilakukan vaksinasi akan diawali dengan screening kesehatan.

Penjemputan Vaksin Sinovac di Banda Udara Komodo mendapat pengawalan dari aparat TNI – Polri. Kabag OPS Polres Mabar AKP Robert M Bolle menjelaskan, sebanyak 47 anggota Polri bersama TNI diturunkan dalam mengawal pengiriman vaksin ke Gudang Farmasi Pemkab Mabar.

“Total 47 personel Gabungan TNI – Polri diturunkan dalam mengawal vaksin ke Gudang Farmasi. Personal Gabungan terdiri dari anggota Koramil 1612 – 02 Komodo dan Satuan Brimob. Sampai di gudang farmasi juga akan dilakukan penjagaan oleh personel gabungan,” ujar AKP Robert.

Sementara 4.600 vial vaksin untuk Kabupaten Manggarai direncanakan akan langsung dibawa ke Ruteng. Pantauan media ini pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai bersama anggota Polres Manggarai telah berada di Labuan Bajo guna menjemput 4.600 vial Vaksin Sinovac. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *