Kembangkan Ekonomi Kreatif, Menparekraf Berkolaborasi dengan Surabaya Creative  Network

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno saat metting zoom dengan Surabaya Creative Network. (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berkolaborasi dengan Surabaya Creative Network (SCN) untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif di Tanah Air.

Surabaya Creative Network merupakan creative hub, atau kumpulan ekosistem industri kreatif yang memiliki 220 jejaring di kabupaten/kota di Surabaya. Tujuan dari SCN ini, untuk mendorong berbagai potensi pada industri ekonomi kreatif.

Bacaan Lainnya

Sandiaga mengatakan, Surabaya Creative Network menjadi mitra sebagai co-creator, co-facilitator, dan co-colaborator untuk mengembangkan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia menyebut Kemenparekraf bersama SCN berencana mengadakan event dalam 30 hari ke depan, seperti dialog masif bersama 220 jejaring SCN secara hybrid.

“Bukan hanya aspirasi yang ditampung,  pada saat yang sama, juga akan menggeliatkan creative cities. Cities ini menjadi unstoppable. Karena semakin banyak generasi milenial dan generasi Z kita yang akan menggantungkan penghidupannya di sektor ekonomi kreatif, terutama di wilayah urban area,” kata Sandiaga Uno di Badung, Jumat (29/1/2021).

Sensus penduduk tahun 2020 mencatat ada 53 persen atau sekitar 90 juta orang dari penduduk Indonesia didominasi kaum milenial dan generasi Z. Generasi milenial dan generasi Z ini juga merupakan bagian dari ekosistem ekonomi kreatif yang dapat memberikan kontribusi terhadap industri ekonomi kreatif.

Menparekraf juga ingin lebih banyak perempuan dari generasi Z dan milenial sekarang, membangun usaha di bidang ekonomi kreatif.

“Ada 30 lebih kabupaten/kota. Jadi, saya ingin creative center ini hadir di seluruh wilayah Jawa Timur dan wilayah Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk bersama mengembangkan program Milenial Job Center.

“Ini jadi cikal bakal generasi milenial yang kita harapkan dapat memulihkan keterlambatan ekonomi dan membangun suatu peluang agar kita menjadi pemenang,” kata Sandiaga. (pp03).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.