Pendistribusian Vaksin Selesai, Vaksinasi Pejabat Bangli Dilakukan di Ruang Terbuka

Pengambilan vaksin oleh Puskesmas di kantor Dinas Kesehatan Bangli, Rabu (27/1/2021).

BANGLI | patrolipost.com – Petugas di masing-masing Puskesmas telah mengambil vaksin Sinovac di kantor Dinas Kesehatan (Diskes) Bangli. Hanya pihak RSU Bangli  tetap menitipkan vaksin tersebut di tempat penyimpanan milik Diskes. Sementara pelaksanaan pencanangan vaksinasi yang melibatkan jajaran Forkompinda Bangli akan dilakukan di ruang terbuka, tepatnya di depan UGD RSU Bangli, Kamis (28/1/2021).

Direktur RSU Bangli dr I Nyoman Arsana mengatakan, vaksin memang masih dititipkan di kantor Diskes Bangli. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengamanan vaksin. Pertimbangan lain yakni jarak antara RSU dan kantor Diskes sangat dekat.

“Kami titip vaksin di Diskes, ketika akan dilakukan vaksinasi baru vaksin diambil,” ujarnya, Rabu (27/1/2021).

Disinggung terkait ketersediaan tempat penyimpanan vaksin, direktur asal Songan, Kecamatan Kintamani ini mengatakan RSU memiliki tempat penyimpanan dengan kapasitas sekitar 100 vial vaksin sedangkan vaksin untuk RSU jumlahnya lebih dari 100 vial.

Sementara soal pelaksanaan pencanganan vaskinasi, direktur asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani ini mengungkapkan  ada 10 pejabat yang direncanakan mengikuti vaksinasi. Melibatkan pejabat jajaran Forkompinda ditambah Kepala Dinas Kesehatan dan direktur RSU. Untuk lokasi vaksi mengambil di ruang terbuka, tepat di ruang UGD RSU.

“Kami sulap ambulance untuk pelayanan vaksin. Vaksinasi dilakukan di luar ruang dengan pertimbangan untuk jaga jarak,” sebutnya.

Disampaikan pula, untuk pelaksanaan vaksinasi melibatkan beberapa dokter, mulai dari dokter anestesi hingga dokter penyakit dalam dan ada pula petugas IT. Sebelum divaksin calon penerima akan dicek kesehatannya.

“Sebelumnya dilakukan pengecekan jika kondisinya tidak memungkinkan yang bersangkutan tidak divaksin,” jelasnya, seraya menambahkan bersamaan juga akan dilakukan vaksin bagi 40 tenaga kesehatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bangli dr Nengah Nadi mengatakan, untuk pendistribusian vaksin ke Puskesmas telah tuntas. Memang untuk RSU masih dititip di kantor Diskes. Untuk di Kecamatan Kintamani ada 6 Puskesmas, Kecamatan Tembuku, Bangli dan Susut masing-masing ada 2 Puskesmas.

“Terkait vaksin di RSJ masih akan kami koordinasikan. Sementara vaksin masih di tempat penyimpanan kantor Diskes,” kata Nengah Nadi. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.