Pelajar dan Mahasiswa Papua di Buleleng Belajar Menanam Porang

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Mahasiswa dan pelajar asal Papua menanam porang. (ist)

SINGARAJA | patrolipost.com – Puluhan pelajar dan mahasiswa asal Papua yang sedang menuntut ilmu di Buleleng, juga diberi pelatihan khusus bercocok tanam. Mereka diajari menanam porang, jenis tanaman yang lagi naik daun di lahan milik warga.

“Saya senang bercampur penasaran ketika ide menanam porang ditawarkan kepada kami,” ujar Fredrikus Marian, Minggu (24/1/2021).

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Fakultas Olahraga semester 3 Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja ini, mengaku gembira mendapat pengalaman bertanam porang bersama rekannya dari Papua. Kegiatan itu dilakukan di lahan milik Dewa Karyawan di Dusun Dauh Pura, Desa Panji Kecamatan Sukasada sekaligus sebagai tutorial.

“Ini pengalaman berharga buat kami. Paling tidak ada bekal ilmu tambahan sekembali kami ke Papua,” ujarnya.

Kegiatan edukasi menanam porang ini diinisiasi oleh sejumlah personel dari Wisma Bayu. Selaku penanggung jawab kegiatan penanaman, Kapten Marle dan Lopez Dadulas Lae, bersama anggota Wisma Bayu lainnya.

Menurutnya, pelajar dan mahasiswa di Buleleng tersebar di beberapa sekolah kejuruan. Diantarnya SMKN 1 Singaraja, SMKN 1 Sukasada, SMKN 2 Sambangan dan SMAN 4 Singaraja. Sementara setingkat mahasiswa mereka belajar di Undiksha Singaraja.

“Pelajar Papua di Buleleng cukup banyak. Setingkat mahasiswa saja sebanyak 60 orang lebih,” katanya

Mereka berasal dari banyak daerah di Papua dan belajar di Buleleng mengikuti program dari Kementerian Pendidikan RI.

“Selaku koordinator pelajar adalah Pak Darwis Kepala SMKN 1 Sukasada. Sedangkan koordinator mahasiswa yakni Kabag Kemahasiswaan Undiksha Drs Ketut Surya Panca,” jelasnya. (625)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *