Jembatan Putus Diterjang Banjir, Kodim 1628 Sumbawa Barat Terjunkan Personel

Personel Koramil Jajaran Kodim 1628/SB gotong royong perbaiki jembatan rusak akibat banjir.

SUMBAWA BARAT |  patrolipost.com – Pasca diguyur hujan deras selama beberapa hari terakhir, sebuah jembatan yang selama ini menjadi jalur penghubung antara Desa Goa menuju Pantai Sawe, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat (NTB) terputus. Derasnya intensitas curah hujan juga menggerus badan jalan dan saluran air (gorong-gorong), sehingga jalan tersebut praktis tidak bisa dilalui semua jenis kendaraan.

Menyikapi musibah tersebut, Dandim 1628/Sumbawa Barat (SB) Letkol Czi Sunardi ST MIP, langsung memerintah sejumlah personel Koramil jajaran Kodim 1628/SB terjun ke lokasi dan berjibaku bersama masyarakat setempat melaksanakan kegiatan karya bakti berupa perbaikan jembatan yang putus. Juga melakukan bakti sosial (baksos) penanaman pohon, seperti yang dilaksanakan oleh beberapa anggota Koramil 1628-05/Jereweh dan Koramil 1628-01/Taliwang.

“Sejumlah perangkat desa bersama anggota Koramil 1628-05/Jereweh, Babinkamtibmas, serta masyarakat Goa melaksanakan karya bakti membuat jembatan penghubung dari kayu agar dapat dilalui kendaraan dan masyarakat sebagai jalan usaha tani,” ujar Letkol Sunardi, Sabtu (23/01/2021).

Sementara itu, di dua lokasi di wilayah Koramil 1628-01/Taliwang dilaksanakan kegiatan baksos berupa penanaman pohon bekerjasama dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Gelumpang Farm di Desa Murah dan Pokdarwis Danau Lebo Taliwang, KSB.

“Kegiatan seperti ini merupakan wujud kepedulian prajurit TNI dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Dengan terus mengelorakan semangat  bergotong-royong dan mempererat tali silaturahiim serta berkoordinasi dengan lintas sektoral antar stakeholder terkait di wilayah. Dengan demikian segala pekerjaan Insya Allah setiap pekerjaan dapat dikerjakan lebih mudah, cepat, lancar, dan aman,“ kata Dandim 1628/SB.

Menghadapi kondisi seperti saat ini, Dandim mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai perkembangan cuaca ekstim maupun berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam.

“Segera laporkan kepada aparat pemerintah terdekat, apabila terjadi musibah. Mari manfaatkan musim hujan ini untuk menanam pohon di lahan-lahan yang tandus, agar dapat tumbuh dengan baik, selain untuk menjaga kelestarian alam juga dalam upaya mencegah banjir serta tanah longsor,“ tutur Letkol Sunardi, sembari mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.