Februari, 11 Desa di Bangli Jadi Sasaran Vaksinasi Rabies

  • Whatsapp
Pelaksanaan vaksin rabies oleh petugas Dinas PKP pada tahun 2020.

BANGLI | patrolipost.com – Pelaksanaan vaksinasi rabies tahun 2021 akan dimulai pada bulan Februari mendatang.  Sebanyak  11 desa yang akan menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi.  Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli I Wayan Sarma, Jumat (22/1/2021).

Menurut Wayan Sarma,  dalam pelaksanaan vaksinasi rabies melibatkan 4 tim reguler dan 4 tim A-team. Masing-masing tim terdiri dari 6 orang petugas.

Bacaan Lainnya

Petugas nantinya akan door to door dalam pelaksanaan vaksinasi. “Pelaksanaan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan, dengan cara tim kami door to door di lapangan,” ujarnya.

Sementara 11 desa/kelurahan yang menjadi sasaran vaksinasi yakni Desa Kintamani, Desa Bantang, Batur Tengah, Seluruh, Batur Selatan, Songan B, Abang Batu Dinding, Batur Utara, Bayung Gede, Kecamatan Kintamani. Kemudian Kelurahan Cempaga dan Desa Pengotan, Kecamatan Bangli.

Menurut Wayan Sarma, 11 desa/kelurahan menjadi sasaran vaksinasi rabies karena pada tahun 2020 lalu di wilayah ini ada kasus rabies.

“Vaksinasi rabies menyasar wilayah yang ada kasus di 2020. Pada 2020 tercatat ada 12 kasus, yang mana di Desa Songan B ada 2 kasus,” ujarnya.

Sementara itu vaksin disediakan oleh pemerintah provinsi. Penyediaan vaksin ini sesuai kebutuhan. Populasi anjing di Bangli tercatat 59.621 ekor. Sedangkan jumlah populasi anjing di 11 desa sasaran vaksinasi sebanyak 13.457 ekor.

“Vaksin yang disediakan oleh pemerintah provinsi mengacu kebutuhan di kabupaten,” sebutnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *