Satu Persatu Ulama Meninggal, Ini Daftar Ulama Wafat Januari 2021

Ulaman Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf usai memberi tausiyah pada pengajian rutin yang digelarnya di Tebet, Jakarta beberapa waktu lalu. (ist/dok)

JAKARTA | patrolipost.com – Belum hilang kesedihan atas wafatnya Dai ilallah Syekh Ali Jaber, hari ini kita kembali dikejutkan kabar duka berpulangnya ulama kharismatik yang juga Pengasuh Majelis Ta’lim Al-Afaf Tebet Jakarta, Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Jumat (15/1/2021).

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raajiu’un, sesungguhnya kita milik Allah dan hanya kepada-Nya kita semua kembali. Pemisalan ulama di muka bumi seperti bintang yang ada di langit. Bintang dapat memberi petunjuk kepada orang yang berada di gelap malam, di daratan maupun di lautan. Jika bintang tak muncul, manusia tak mendapatkan petunjuk. Demikian sabda Nabi Muhammad dalam satu hadisnya yang diriwayatkan Imam Ahmad.

Wafatnya para ulama adalah musibah besar bagi umat. Ini sebagaimana hadis Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak menggengam ilmu dengan sekali pencabutan, mencabutnya dari para hamba-Nya. Namun Dia menggengam ilmu dengan mewafatkan para ulama. Sehingga, jika tidak disisakan seorang ulama, manusia merujuk kepada orang-orang bodoh. Mereka bertanya, maka mereka (orang-orang bodoh) itu berfatwa tanpa ilmu. Maka mereka tersesat dan menyesatkan.” (HR Al-Bukhari)

Berikut Daftar Ulama Wafat di Bulan Januari 2021:
1. Habib Ja’far bin Muhammad Al Kaff Kudus (1 Januari 2021)
2. KH R Muhaimin Asnawi – PP Al Asnawi Magelang (1 Januari 2021)
3. KH R Abdullah Nachrowi – PP Ash-Shogiri Bogor (2 Januari 2021)
4. KH R Muhammad Najib Abdul Qodir Munawwir – PP Al Munawir Krapyak (4 Januari 2021)
5. Drs M Sai M.HI – PP Nurul Yakin Malaka (5 Januari 2021)
6. KH Muhammad Fatih Naim – Ulama asal Cipete (5 Januari 2021)
7. KH Muhammad Nuruddin A Rahman – PP Al Hikam Bangkalan (9 Januari 2021)
8. Habib Abubakar bin Salim Al Hamid Bondowoso (9 Januari 2021)
9. KH Zainuddin Badrus – PP Al Hikmah Kediri (10 Januari 2021)
10. KH A Yasin Asmuni – PP Hidyatut Thullab (11 Januari 2021)
11. Drs H Ibnu Hazen – LTMNU (12 Januari 2021)
12. Habib Thohir Bin Husain Pimpinan Majelis Raudhatul Mustofa Semarang (13 Januari 2021)
13. Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber (14 Januari 2021)
14. Sayyidil Walid Al-Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf – Pengasuh Majelis Ta’lim Al-Afaf Tebet Jakarta (15 Januari 2021).

Sebelumnya empat ulama kharismatik lebih dulu berpulang pada Kamis (3/12/2020) yaitu Al-Habib Thohir bin Abdullah Alkaff (Pengasuh Ponpes Darul Hijrah Tegal, Jawa Tengah). KH Qohwatul Adib Munawar (Pesantren Langitan, Jawa Timur). KH Faiq Robayan (Jepara, Jawa Tengah). dan Al-Habib Umar Bin Aqil Bin Yahya (Gresik, Jawa Timur). Beberapa bulan sebelumnya, Kiyai DR Zarkasih Nur (Pimpinan Pesantren Gontor) wafat dua bulan dan ulama Betawi KH Rizki Zulqornain wafat pada usia muda yaitu 38 tahun.

Selain ulama di atas, mungkin masih banyak orang-orang saleh yang-wafat di bulan ini tidak terkespos media. Yang pasti kepergian para ulama dan orang-orang saleh adalah duka besar bagi umat Islam. Merekalah teladan dan guru panutan yang mengajarkan ilmu dan akhlak mulia. Semoga Allah memuliakan mereka dan mengangkatnya di tempat terpuji. Al-Faatihah! (305/snc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.