Update Covid-19 Denpasar: Pasien Sembuh 50, Kasus Positif Bertambah 37 Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

DENPASAR | patrolipost.com – Satgas Penanganan Covid 19 Kota Denpasar masih terus fokus percepatan penanganan dan pencegahan penularan Covid-19. Pun demikian, hingga saat ini kasus sembuh Covid-19 di ibukota Provinsi Bali bertambah sebanyak 50 orang dan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 37 orang yang tersebar di 20 wilayah desa/kelurahan, Minggu (10/1/2021).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan, berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Denpasar, terjadi lonjakan kasus di empat wilayah desa/kelurahan yakni Desa Ubung Kaja yang mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 5 kasus baru. Disusul Kelurahan Dangin Puri, Kelurahan Padangsambian dan Kelurahan Pemecutan yang mencatatkan penambahan kasus sebanyak 4 orang.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Desa Sumerta Kelod, Kelurahan Pedungan, Desa Padangsambian Kelod dan Kelurahan Renon mencatatkan penambahan kasus sebanyak 2 orang, dan sebanyak 12 desa/kelurahan mencatatkan penambahan kasus sebanyak 1 orang.  Sedangkan 23 desa/kelurahan lainya nihil penambahan kasus.

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 tidak semakin meluas.

“Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Selain itu, mari bersama terapkan 3 M atau menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan serta menghindari 3 R yakni ramai-ramai, rumpi-rumpi dan ruangan sempit,” paparnya.

Lebih lanjut, Dewa Rai menerangkan bahwa berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Sehingga bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius Satgas Covid-19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir Camat.

“Mari bersama sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih  mendominasi, hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi,” ujar Dewa Rai.

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengungkapkan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, Satgas Covid-19 Kota Denpasar juga rutin menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

Secara komulatif, kasus positif tercatat 5.203 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 4.715 orang (90,62 persen), meninggal dunia sebanyak 114 orang (2,19 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 374 orang (7,19 persen). (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.