Gedung Baru Puskesmas Tembuku 2 Mulai Ditempati

Aktifitas pelayanan di Puskesmas Tembuku 2. (sam)

BANGLI | patrolipost.com – Setelah proses pembangunan gedung Puskesmas Tembuku 2 di Dusun/Desa Yangapi kelar dan telah diserahterimakan, gedung berlantai dua tersebut langsung ditempati. Walaupun demikian Puskesmas di ujung Timur Bangli ini masih kekurangan tim medis.

Bendahara Puskesmas Tembuku 2, I Kadek Hery Sastrawan mengatakan, setelah proses serah terima gedung langsung ditempati. Mengacu Permenkes 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas, maka lantai dua dimanfaatkan untuk ruang rapat dan administrasi dan lantai bawah untuk pelayanan.

“Pemanfaatan gedung mengacu standar yang telah ditentukan pemerintah,” ujarnya, Rabu (7/1/2021).

Lanjut Kadek Hery Sastrawan walaupun telah menempati gedung baru, sarana penunjangnya masih kurang, seperti ketersediaan meubeler dan gorden pembatas.

Lanjut pria asal Yangapi ini, sejak tahun 2013 Puskesmas Tembuku 2 melayani  rawat inap. Walaupun telah berubah status sampai saat ini masih kekurangan tenaga dokter dan tenaga teknis seperti apoteker.

Untuk jumlah dokter hanya dua orang. Padahal sebagai Puskesmas yang menjalani rawat inap didukung minimal 4 dokter. ”Untuk IGD dicover 4 dokter dan poly 2 dokter, karena minim tenaga dokter jika ada pasien yang harus mendapat penanganan dokter terutama pada sore dan malam hari, kami berkonsultasi via telepon,” sebutnya, seraya menambahkan untuk rawat inap disediakan 8 bed dan untuk icu melahirkan 2 bed.

Kata Hery Sastrawan, jumlah pasien yang datang berobat terbilang tinggi. Sebab, cakupan wilayah yang dicover cukup luas. “Selain dari  wilayah Kecamatan Tembuku, banyak pasien yang datang dari wilayah Desa Suter, Kecamatan Kintamani,” ungkapnya. (750)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.