Jokowi Serahkan 3.000-an Sertifikat PTSL untuk Masyarakat Buleleng

Masyarakat Buleleng  menerima sertifikat tanah dari program PTSL, Selasa (5/1/2021).

SINGARAJA | patrolipost.com – Lebih dari 3.000-an masyarakat Buleleng menerima hadiah awal tahun berupa sertifikat tanah dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Penyerahan sertifikat tanah ini bagian dari pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020.

Saat dilakukan penyerahan, Selasa (5/1) bertempat di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Buleleng, sebanyak 18 perwakilan menerima secara virtual. Hadir juga Asisten bidang Administrasi Pemerintahan Setda Buleleng Putu Karuna. Lebih dari 3.000 sertifikat tanah yang diserahkan kepada masyarakat Buleleng yang tersebar di 9 kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Masih ada beberapa lokasi-lokasi yang belum tuntas tanahnya bersertifikat. Hal ini dikarenakan situasi pandemi Covid-19,” kata Karuna.

Atas belum tuntasnya program tersebut, Karuna berharap, program PTSL ini terus berjalan sehingga masyarakat Buleleng yang belum sempat menikmati bisa menikmatinya di tahun 2021 ini.

“Melalui PTSL ini, pengurusan penerbitan sertifikat tanah tanpa proses panjang dan tanpa dipungut biaya. Jadi tinggal menunggu dan masyarakat bisa menikmati apa yang menjadi harapan mereka,” ujar Karuna.

Penyerahan sertifikat kepada masyarakat merupakan bagian dari total sebanyak 44.407 sertifikat tanah yang diserahkan oleh Presiden Jokowi secara virtual untuk masyarakat pada 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota di wilayah Indonesia, termasuk Buleleng. Penyerahan sebanyak itu merupakan target penyelesaian sertifikat PTSL di tahun 2020 sebanyak 11 juta sertifikat tanah.

Karena dilanda  pandemi Covid-19, pemerintah  hanya bisa menyelesaikan sebanyak 6,8 juta sertifikat tanah. Program ini dipastikan tuntas pada tahun 2025 mendatang. (625)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.