Berlangsung Selama 3 Bulan, Denfest 2020 Catat Transaksi Rp 3 Miliar Lebih

Pelaksanaan Denfest ke-13 tahun 2020 beberapa waktu lalu.

DENPASAR | patrolipost.com – Meski digelar di tengah pandemi Covid-19, gelaran Denpasar Festival (Denfest) ke-13 tahun 2020 tetap mengundang animo masyarakat. Hal terbukti dari masifnya transaksi yang dilaksanakan pada event daring terbesar dan terpanjang ini. Selama tiga bulan penuh dilaksanakan sejak Bulan Oktober hingga Desember 2020, terjadi 24.464 transaksi dengan nilai mencapai Rp 3 miliar lebih.

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani didampingi Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif I Wayan Hendaryana menjelaskan, sejak awal dilaksanakan Denfest tahun 2020 bertujuan untuk memberikan stimulus dan wahana bagi UMKM, pelaku seni dan ekonomi kreatif di Kota Denpasar. Selain itu, dengan platform https://kreativi.id/ pelaksanaan Denfest juga menjadi tempat promosi untuk mendukung eksistensi dan penguatan UMKM di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Bacaan Lainnya

“Pemkot Denpasar berkomitmen untuk menciptakan pasar sekaligus mendukung eksistensi UMKM di masa pandemi, sehingga selain mendapatkan stimulus juga mampu menciptakan kemandirian UMKM itu sendiri,” jelas Kadis Pariwisata Kota Denpasar MA Dezire Mulyani, saat diwawancarai Senin (4/1/2020).

Lebih lanjut, Hendaryana menambahkan bahwa hingga saat ini, telah bergerak bersama seluruh stakeholder terkait untuk membantu sesama yang terdampak Covid-19. Meski dengan keterbatasan gerak dan ruang, dengan pelaksanaan Denfest 2020 ini diharapkan mampu menjawab sedikit kekhawatiran UMKM di masa pandemi.

“Pengembangan ke depannya platform ini masih jauh dari kata sempurna dan perlu kita terus lengkapi dengan permasalahan yg ada dilapangan. Dan kami akan terus membangun kolaborasi dengan para start up dan pelaku kreatif untuk membuat sistem digitalisasi UMKM secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan bahwa kendati Denfest telah ditutup, platform https://kreativi.id/  tetap aktif dan akan terus dikembangkan. Sehingga bagi masyarakat yang sedang atau baru membuka usaha di seputaran Denpasar masih tetap dapat mendaftar.

“Karena banyak kemudahan dan fasilitas yang akan kami berikan kepada UMKM yang tergabung dalam marketplace, mulai dari fasilitasi pengembangan usaha, kemasan produk, pengurusan perizinan, dan kemudahan KUR,” tambahnya.

Hendaryana pun turut bersyukur, selama tiga bulan pelaksanaan Denfest mampu menembus transaksi senilai Rp 3.388.472.000. Hal ini tentu memberikan dampak positif terhadap perputaran perekonomian di Kota Denpasar.

“Tentu kami bersyukur dan berharap UMKM terus tumbuh mendukung perputaran roda perekonomian di tengah pandemi, bagi masyarakat luas kami mengajak untuk bertransaksi dan berbelanja di Denfest serta berharap semoga pandemi segera berlalu,” pungkasnya. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.