Bupati Agus Suradnyana Lantik Muhajir sebagai Kepala Desa Celukan Bawang

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana berdialog dengan Kades Celukan Bawang usai pelantikan. (cha)

SINGARAJA | patrolipost.com – Setelah melalui mekanisme pemilihan antar waktu, Muhajir resmi menjabat Perbekel/Kepala Desa Celukan Bawang. Muhajir dilantik Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Banjar Dinas Brongbong, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Selasa (29/12/2020).

Muhajir resmi menjabat sebagai Kepala Desa Celukan Bawang menggantikan Safaudin yang sebelumnya Penjabat (Pj) Kepala Desa Celukan Bawang yang juga sebelumnya menggantikan Muhammad Ashari yang diberhentikan secara tetap pada awal tahun 2020 lalu karena kasus korupsi.

Bacaan Lainnya

Pelantikan Muhajir ini berdasarkan SK Bupati Buleleng No. 141/674/HK/2020 tertanggal 23 Desember 2020 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa Celukan Bawang dan Pengesahan Pengangkatan Perbekel Pengganti Antar Waktu Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. Dalam SK Bupati Buleleng itu  memutuskan memberhentikan Safaudin sebagai Pj Perbekel Desa Celukan Bawang dan mengesahkan pengangkatan Muhajir sebagai PAW Perbekel Desa Celukan Bawang.

Dalam sambutannya Bupati Agus Suradnyana mengatakan, pemilihan Perbekel adalah sebuah proses demokrasi politik di tingkat desa melalui musyawarah yang merupakan tonggak awal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Perbekel Desa Celukan Bawang diminta mampu menggerakan struktur di desa.

Terpenting, menurut Suradnyana, toleransi antar umat beragama harus dijaga. Diakui Suradnyana, Desa Celukan Bawang merupakan daerah yang sangat strategis untuk kawasan industri. Dengan adanya Pelabuhan Celukan Bawang, maka diyakini akan dapat membantu kesejahteraan masyarakat desa.

“Pelabuhan Celukan Bawang nanti akan terus dikembangkan oleh Pemerintah sesuai dengan program Nawacita dari Presiden Joko Widodo yang ingin menghidupkan kembali jalur-jalur laut,” ungkap Suradnyana.

Perbekel yang baru dilantik harus mampu bekerjasama dengan Badan Pemusyawarahan Desa (BPD). Sehingga, pembangunan desa Celukan Bawang semakin cepat berkembang. Bukan saja dengan BPD, Perbekel harus rutin berkomunikasi dengan pemerintah kabupatan, agar kebijakan dalam pembangunan antara Pemkab Buleleng dan Pemerintah Desa bersinergi.

“Setiap hal pembangunan di desa harus didiskusikan bersama, baik dalam menyusun program ABPDes, dan sumber-sumber pendapatan desa. Kalau ada tidak mampu diselesaikan di desa, silahkan cari saya dan bisa diskusikan bersama,” tandasnya.

Sebelumnya, Muhajir terpilih sebagai PAW Kepala Desa Celukan Bawang, pada pemilihan yang berlangsung Minggu (20/12) lalu. Ia mengalahkan dua rivalnya Putu Parwiyasa dan Idham Halid yang ikut dalam Pilkades di Desa Celukan Bawang tersebut.

Muhajir memperoleh sebanyak 163 suara. Sementara calon lainnya yakni Putu Parwiyasa memperoleh 74 suara, dan Idham Halid hanya memperoleh 25 suara. (625)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.