Pendisiplinan Prokes, Tim Gabungan Bangli Lakukan Kegiatan 177.643 Kali

  • Whatsapp
Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan (tengah) saat jumpa pers di Mapolres Bangli, Selasa (29/12/2020). 

BANGLI | patrolipost.com – Menekan penyebaran virus Corona di Bangli, tim gabungan Polres Bangli, Kodim 1626/Bangli, Satpol PP dan lainnya gencar melakukan kegiatan yustisi Protokol Kesehatan (Prokes). Tim gabungan ini sudah turun di 224 lokasi dan jumlah kegiatan mencapai 177.643 kali.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan saat  jumpa pers di Mapolres Bangli, Selasa (29/12/2020).

Bacaan Lainnya

Kata AKBP Gusti Agung Dhana, kasus Covid-19 di Bangli mengalami tren penurunan. Ini berkat  peran masyarakat yang disiplin dalam penerapan Prokes.

“Mengacu catatan kasus Covid-19 di Bangli tertinggi pada bulan April sampai Juli, sampai Bangli menduduki peringkat pertama di Bali. Namun kini berada di posisi delapan,” kata mantan Kapolres Mapii ini.

Lanjutnya, upaya pendisiplinan Prokes gencar dilakukan. Petugas gabungan telah turun ke 224 lokasi. Bahkan kegiatan petugas sudah mencapai 177.643 kegiatan. Dari jumlah kegiatan tersebut, petugas menjaring pelanggar hingga ribuan orang.  Mereka yang melanggar ada dikenakan sanksi teguran lisan, teguran tertulis, tindakan fisik, kerja sosial hingga denda.

“Yang kerja sosial seperti menyapu di tempat umum, di sekitar lokasi penindakan,” jelasnya.

Disinggung terkait perayaan Tahun Baru, pihaknya sudah menyampaikan imbauan ke masyarakat baik Surat Edaran (SE) Gubernur Bali maupun Maklumat Kapolri. Diakui sudah dilakukan pemetaan wilayah yang biasa menyelenggarakan keramaian saat tahun baru.

“Kami mengedepankan tindakan persuasif, preentif dan preventif. Di malam tahun baru agar diisi dengan kegiatan sederhana. Mulat sarira,” harapnya.

AKBP Gusti Agung Dhana menegaskan bila upaya persuasif tidak diindahkan maka pelanggar akan ditindak tegas. “Kami akan bertindak tegas jika ditemukan ada kerumunan akan dibubarkan serta akan melakukan  penindakan hukum,” tegasnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *