Gempa 5,3 M Guncang Sumba Tengah, Getarannya Terasa hingga Labuan Bajo

Lokasi Pusat Gempa 5,3 Magnitude di Pulau Sumba. (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Gempa bumi berkekuatan 5,3 Magnitude mengguncang Waibakul, Sumba Tengah, NTT, Jumat (25/12) malam. Titik pusat gempa berpusat di Tambaloka, sebelah Timur laut dari Wai Bakul. Getaran gempa juga terasa sampai ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT dengan 3-4 MMI (Modified Mercalli Intensity).

Prakirawan BMKG Labuan Bajo, Putu Pradiatma Wahyudi menjelaskan kedalaman gempa mencapai 10 kilometer, namun tidak berpotensi Tsunami.

Bacaan Lainnya

“Gempa tersebut berpusat di Tambolaka, sekitaran sebelah Timur Laut dari Waibakul. Kekuatannya 5,3 Magnitude. Sementara di Labuan Bajo kita merasakan sekitar 3-4 Skala MMI. Kedalaman gempa mencapai 10 kilometer namun tidak berpotensi tsunami,” ujar Putu Wahyudi.

Selain itu, Putu juga menjelaskan getaran gempa hanya terasa di beberapa daerah di NTT, yakni area pulau Sumba bagian utara menuju tengah,  area pesisir utara Pulau Sumba dan Pulau Flores bagian Barat. Gempa susulan juga sempat terjadi.

“Gempa susulan dari laporan itu, kita baru rasa satu kali, 2,6 Magnitude,” jelasnya.

Catatan BMKG Labuan Bajo menunjukkan waktu gempa terjadi pada pukul 19:40:12 Wita, dengan lokasi 9.19 LS – 119,75 BT. 50 kilometer Timur laut Waibakul NTT, 58 kilometer Barat Laut Lewa, Sumba Timur. 64 kilometer Timur laut Waikabubak, NTT.

Warga Labuan Bajo yang ikut merasakan getaran dari gempa ini berhamburan keluar rumah. Meski hanya berlangsung kurang lebih 3-5 detik, getaran gempa cukup membuat warga panik. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.