Lantik Pengurus DPP HIPI, Cok Ace: Ayo, Bersinergi Bangkitkan Perekonomian Bali

  • Whatsapp
Wagub Bali Cok Ace lantik Pengurus DPP HIPI. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Sektor pariwisata merupakan motor utama penggerak perekonomian Bali, bahkan 70% lebih masyarakat Bali bergantung dari sektor pariwisata secara langsung maupun tidak. Saat ini pariwisata Bali mengalami keterpurukan sebagai dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Sehubungan dengan hal tersebut Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati berharap HIPI yang merupakan wadah berkumpulnya para instruktur pariwisata untuk turut serta membangkitkan perekonomian Bali.

Bacaan Lainnya

“Pandemi Covid-19 ini kita jadikan momentum untuk menyiapkan sumber daya manusia pariwisata yang lebih berkualitas ketika Pariwisata Internasional nantinya dibuka kembali,” tegas Cok Ace saat memberikan sambutan pada Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Himpunan Instruktur Pariwisata Indonesia (HIPI) masa bakti 2020-2025, di The Vasini Hotel, Debpasar, Rabu (16/12/2020).

Selain itu diperlukan sinergitas dan dukungan semua pihak untuk bergerak bersama menghadapi permasalahan yang ada. Kondisi saat ini tidak bisa diselesaikan hanya menuntaskan bidang kesehatan saja tetapi harus simultan dengan menuntaskan masalah ekonomi.

Cok Ace mengajak semua masyarakat Bali untuk menaati Protokol Kesehatan dimanapun berada dan bersama bergandengan tangan untuk menggerakkan perekonomian Bali dan membangkitkan pariwisata Bali yang berbudaya.

“Dengan dilantiknya kepengurusan HIPI ke depannya organisasi ini diharapkan dapat menjadi embrio tumbuhnya organisasi-organisasi serupa di daerah lain,” tegas Cok Ace.

HIPI memiliki visi sebagai wadah dan wahana komunikasi, diskusi, informasi, dan konsultasi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) instruktur pariwisata Indonesia.

Eksistensinya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar pariwisata akan kesiapan instruktur yang berkompeten di bidang pariwisata. Mengingat bahwa Sumber Daya Manusia merupakan “key factor” dalam mengembangkan sektor industri pariwisata, maka kehadiran HIPI diharapkan dapat memberi warna dan menjawab isu strategis terkait isu kualitas SDM pariwisata di Bali.

Sementara itu Ketua Umum DPP HIPI, Gusti Ketut Sudarsana mengatakan, HIPI sebagai wadah bagi praktisi pariwisata yang memiliki kecintaan terhadap perkembangan pariwisata melalui pelatihan, pendampingan dan pengembangan, yang berlatar belakang sebagai ahli diharapkan mampu mengayomi dan mewujudkan pengajaran dan membagi pengalaman serta wawasan keilmuan pariwisata dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang kepariwisataan.

Terkait Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 yang mengatur mengenai persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) menuju ke Bali, Wagub Cok Ace mengatakan, Pemerintah Provinsi bukan melarang wisatawan datang dan berkunjung, tetapi hanya memberi syarat yang lebih ketat agar tidak menimbulkan penambahan kasus setelah libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Karena pertimbangan kami adalah menyasar dibukanya pariwisata mancanegara yang rencananya dibuka pada triwulan pertama tahun 2021. Sehingga apabila ada penambahan kasus Covid-19 lagi di Bali maka harapan untuk mendapat kepercayaan bahwa Bali aman itu akan hilang,” imbuh Cok Ace. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *