Wujudkan Situasi Kondusif Jelang Nataru 2021, Polda Bali Gelar Tatap Muka Tokoh Lintas Agama

Polda Bali mengelar tatap muka sebagai ajang silahturami dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Majelis Agama di Bali di Lounge Andalan Polda Bali.

DENPASAR | patrolipost.com – Demi wujudkan situasi keamanan yang kondusif  agar senantiasa terpeliharanya kerukunan antar umat beragama di Wilayah Bali menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, Polda Bali mengelar tatap muka sebagai ajang silahturami dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Majelis Agama di Bali di Lounge Andalan Polda Bali, Selasa (15/12/ 2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra Widyaiswara, Wakapolda Bali Brigjen Pol Wayan Sunartha, Ketua FKUB Bali/Indonesia Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet, Ketua PHDI Bali Prof Dr Drs I Gusti Ngurah Sudiana MSi, Bishop I Nyoman Agustinus,  Adinatha Lie SE, Ketua Matakin Bali, Pdt Eka Wiradarma Ketua walubi Bali, H Mahrusun Hadyono Ketua MUI Bali, RM Venus Evensius Dewantoro, Ketua Keuskupan, I Gusti Made Ngurah, Wakil Ketua FKUB dan Wakil Ketua MDA serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Barometer Indonesia adalah di Bali, sehingga apapun yang terjadi di Bali pasti terdengar di seluruh Indonesia, bahkan dunia,” kata Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra.

Irjen Putu menjelaskan bahwa Provinsi Bali jangan sampai terprovokasi dengan isu-isu negatif yang saat ini beredar di masyarakat. Selain itu masyarakat diharapkan tetap menjaga hubungan baik serta bekerja sama dengan pihak Kepolisian.

“Apabila terdapat permasalahan, agar segera dapat diselesaikan sehingga kerukunan dan toleransi antar umat beragama tetap terjalin di wilayah Bali,”  jelasnya.

Sementara Ketua FKUB Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet sekaligus sebagai Bendesa Agung juga perintis berdirinya FKUB Provinsi Bali ini menyatakan siap mendukung Kepolisian dan pemerintah agar terus terciptanya kerukunan dan kedamaian di Bali. Dimana, dalam era ini terdapat permasalahan berkaitan dengan radikalisme dan terorisme yang mewajibkan untuk rukun dan bersatu dalam menghadapinya.  Hal ini agar Bali tetap aman dan wisatawan yang berkunjung ke Bali nantinya merasa aman.

Senada dengan Ketua MUI Bali H Mahrusun mengungkapkan siap menerima masukan. Kejadian yang ada di wilayah luar Bali akan disikapi dengan bijak dan tentunya siap membantu Polda Bali untuk mewujudkan kerukunan umat beragama di Provinsi Bali.

Ketua Keuskupan Denpasar, Romo evensius Dewantoro memaparkan bahwa dalam waktu dekat, umat nasrani akan merayakan hari Raya Natal. Dimana, pelaksanaan rangkaian hari raya yang digelar di Gereja maupun tempat ibadah lainnya, agar diatur. Hal ini tentunya dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Membatasi umat di gereja, social distancing, sehingga hal ini membutuhkan bantuan pengamanan dari Polda Bali demi kelancaran rangkaian ibadah,” tutupnya. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.