Enam Kali Berturut-turut Klungkung Dinobatkan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Pemerintah Pusat. (humas)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Untuk keenam kalinya Kabupaten Klungkung secara berturut-turut sejak tahun 2014 meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Pemerintah Pusat meraih nilai 84,39 dengan predikat Peduli. Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM yang diserahkan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang diterima langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Senin (14/12/2020).

Untuk menjadi kabupaten/ kota peduli HAM, terdapat 7 hak dasar yang menjadi fokus penilaian. Diantaranya hak dibidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang perempuan dan anak, bidang kependudukan, bidang pekerjaan, bidang perumahan, serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan rasa syukurnya karena berkat kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat Klungkung dalam pemenuhan kebutuhan dasar, penghargaan ini dapat diraih kembali. “Ini hasil upaya dan keberhasilan dalam pemenuhan dan pelayanan publik yang merupakan bagian dari hak – hak dasar warga dan masyarakat Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan, program dan kegiatan yang berkaitan dengan pemenuhan HAM di Kabupaten Klungkung seperti pemenuhan hak bidang kesehatan di mana Klungkung mampu UHC dengan BPJS yang didanai Pemkab serta peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD maupun Puskesmas. Dibidang pendidikan yakni melalui program 1 desa 1 TK negeri dan beasiswa untuk KK miskin. Di bidang sosial, Pemkab berupaya menemukan para disabilitas supaya mendapatkan hak hak dasar melalui program Bedah Desa. Dibidang bidang kependudukan, berbagai inovasi kependudukan yang diluncurkan guna mempermudah pelayanan serta program program lainnya.

Di balik semua penghargaan yang telah diraih, Bupati Suwirta juga mengakui masih ada warga yang belum mendapatkan hak dasarnya. Namun pihaknya mengaku sudah bekerja untuk mengarah kepemenuhan tersebut. Ditambahkan pula penghargaan ini menurutnya merupakan pengakuan dari pemerintah pusat atas keseriusan dalam pemenuhan hak masyarakat Klungkung.

Acara tersebut serangkaian memperingati hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-72 tahun 2020. Peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia diperingati pada 10 Desember 2020 dengan tema “Recover Better Stand Up For Human Rights” yang digelar secara virtual, dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia, Jokowi Widodo. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Kepala Kantor Kementerian Kemenkumham Bali, Jamaruli Maniuruk, dan undangan lainnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.