BI Corner KPw BI Bali Dukung Dunia Pendidikan

Peresmian BI Corner di STAHN Mpu Kuturan Buleleng.

 

Bacaan Lainnya

 

BULELENG | Patrolipost.com – Penguatan sinergi dan kolaborasi dalam mendukung pemberdayaan ekonomi melalui penguatan edukasi masyarakat serta menumbuhkan minat baca perihal ‘Makro Ekonomi’, Bank Indonesia Provinsi Bali resmikan BI Corner di STAHN Mpu Kuturan Buleleng di Jl. Banyuning, Buleleng, Kamis (10/12/2020)

Acara yang dirangkai dengan penyerahan PSBI Pendidikan ini dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan wilayah Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai bank sentral, menurut Trisno Nugroho, Bank Indonesia juga berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui edukasi dan sosialisasi.

“Edukasi dan sosialisasi tersebut tidak hanya dilakukan kepada hal-hal terkait tugas Bank Indonesia saja, namun juga dalam bentuk sosial yaitu PSBI,” terang Trisno Nugroho.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan wilayah Bank Indonesia Provinsi Bali menerangkan, PSBI kali ini mengangkat tema “Indonesia Cerdas”.

“Hal ini tidak terlepas dari semangat Bank Indonesia dalam menumbuhkan minat baca dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebanksentralan,” katanya.

Hingga saat ini, BI Corner hadir di sejumlah perguruan tinggi, sekolah menengah, perpustakaan dinas, fasilitas strategis dan PAUD yang tersebar di Indonesia.

Di Bali sendiri, BI Corner hingga tahun 2020 sudah berjumlah 16 termasuk BI Corner di STAHN Mpu Kuturan Buleleng.

KPwBI Provinsi Bali melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) menyerahkan bantuan pendidikan berupa laptop, proyektor dan screen.

“Sebanyak 48 paket bantuan diserahkan kepada 36 lembaga, terdiri dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di wilayah kerja KPwBI Provinsi Bali,” ujar Trisno Nugroho.

Sementara I Gusti Agung Rai Wirajaya, anggota Komisi XI DPR RI menegaskan, masa depan ini tidak hanya untuk kita sendiri, namun untuk Bali khususnya serta Indonesia umumnya.

Oleh karenanya dengan adanya BI Corner di setiap sekolah maupun kampus, diharapkan siswa dan juga mahasiswa bisa mengetahui ilmu perihal ekonomi makro.

“Dan juga menambah wawasan kepada masyarakat, STAHN Mpu Kuturan ini tidak hanya mengajarkan tentang ilmu agama saja. Para mahasiswa juga dibekali tentang hal lain. Belajar mengenai kebanksentralan pasti diluar, tetapi kita harus tahu juga, apa yang terjadi di bank sentral,” ujarnya.

Disinilah peran BI Corner, lanjut Agung Rai kepada awak media di gedung Rektorat STAHN Mpu Kuturan.

Sementara rasa terimakasih yang sebesar-besarnya diungkap Rektor STAHN Mpu Kuturan Dr. I Gede Suwindia, S.Ag.,M.A kepada Bank Indonesia serta DPR Komisi XI atas motivasi dan support pengembangan edukasi melalui BI Corner.

Tampak hadir dalam acara anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Ketua STAHN Mpu Kuturan, Dr. I Gede Suwindia, S.Ag.,M.A, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Rizki Ernadi Wimanda, Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Perwakilan Bank Indonesia wilayah Bali Leo Edi Wijaya serta perwakilan sekolah penerima PSBI.(Pp03)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.