Pipa Tertimbun Longsor, Ribuan Pelanggan PDAM Bangli Krisis Air

Direktur PDAM Bangli Dewa Gde Ratno Suparso Mesi.

BANGLI | patrolipost.com –  Jaringan pipa di sumber mata air Gamongan, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli putus akibat tertimbun longsor, Sabtu (12/12). Akibatnya pelanggan khususnya untuk wilayah Kota Bangli tidak mendapat pasokan air. Proses perbaikan sedang dilakukan pihak PDAM Bangli.

Diretur PDAM Bangli, Dewa Gde Ratno Suparso Mesi saat dikonfirmasi terkait ngadatnya pasokan air mengatakan, penyebab adalah putusnya jaringan pipa tranmisi di sumber mata air Gamongan akibat diterjang longsor.

Bacaan Lainnya

”Jaringan pipa memang posisinya dekat dengan tebing, begitu tebing longsor langsung menerjang jaringan pipa tranmisi,” ujarnya, Minggu (13/12/2020).

Lanjut direktur asal Banjar/ kelurahan Kawan ini, petugas teknisi sudah turun melakukan perbaikan, bahkan jelang sore penyambungan pipa sudah kelar.

“Air dari sumber sudah naik ke bak reservoar, namun malam air tiba- tiba air tidak mengalir. Setelah dilakukan pengecekan ternyata  sambungan “L”  dekat lokasi pipa yang diperbaiki sebelumnya lepas,” ungkapnya.

Lajut Dewa Suparso Mesi karena  malam,  maka perbaikan baru dilakukan paginya. ”Kalau tidak ada halangan kemungkinan perbaikan kelar sore hari ini,” jelasnya.

Sementara disinggung apakah ada rencana PDAM menggunakan system sumur bor  mengingat seringnya jaringan pipa tertimbun longsor, kata Dewa Suparso Mesi, belum ada rencana menggunakan sumur bor atau memanfaatkan air bawah tanah.

”Kita kaya akan sumber mata air dan itu yang kami manfaatkan apalagi ada imbau dari Balai Wilayah Sungai agar meminimalisasi penggunaan air bawah tanah,” tegasnya.

Selain itu bila memanfaatkan sumur bor belum tentu akan mendapatkan debit air yang diinginkan dan penggunaan sumur bor akan berdampak pada lingkungan.

”Belum ada rencana ke arah pemanfaatan sumur bor seperti yang dilakukan beberapa daerah,” ujarnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.