Kemenkes Lakukan Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga di 4 Desa Bangli

Petugas lakukan pemeriksaan sampel air rumah tangga.

BANGLI | patrolipost.com – Kementerian Kesehatan melakukan studi terkait kualitas air minum rumah tangga (SKAMRT). Ada empat desa di Kabupaten Bangli yang dijadikan sampel dalam kegiatan studi ini.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Bangli, Jro Suranadi mengatakan, studi kualitas air minum rumah tangga merupakan program dari Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan.

Adapun tujuan dari studi diantaranya  adalah  tentang kualitas air minum di tingkat rumah tangga  diperolehnya data dan informasi. Sementara tujuan khusus yakni mengukur proporsi rumah tangga menurut tingkat risiko cemaran lingkungan terhadap sarana air minum  berdasarkan peniliaan  melalui inspeksi kesehatan lingkungan.

”Untuk studi kualitas air minum rumah tangga ada 4 desa yang dijadikan sampel,” ungkapnya, Kamis (10/12/2020).

Kata Jro Suranadi, empat desa dimaksud yakni Desa Jehem dan Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Desa Kintamani dan Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani.

”Untuk sampel satu desa diambil 10 rumah tangga dan pemeriksaannya dilakukan tes di tempat dan untuk mengetahui Micrologi Ecoli, Coilform dilakukan tes di kantor menggunakan alat,” sebutnya, seraya menambahkan untuk kegiatan mendapat pemantauan dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Pusat.

Sementara disinggung terkait hasil kata Jro Suranadi akan dikirim ke pusat lewat aplikasi.

”Kegiatan sudah berjalan, karena terbentur Pilkada terjadi perubahan jadwal,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.