Bupati Perintahkan Dinas Terkait Tuntaskan Penanganan Longsor di Bukit Abah

  • Whatsapp
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau longsor yang terjadi di Bukit Abah, Dawan dan menugaskan Dinas BPBD dan Dinas PUPRPKP untuk membersihkan semua area dalam upaya meminimalisir terjadinya longsor susulan. (ron)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau lokasi tanah longsor di Bukit Abah, Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung, Rabu (9/12/2020).

Kepada bupati, Perbekel Desa Besan, I Ketut Yasa mengatakan, kejadian longsor tersebut terjadi Senin, (7/12) sekitar pukul 01.00 wita (dini hari). Sebelum terjadinya longsor, pada Minggu (6/12) lalu sudah turun hujan. Awalnya suara gemuruh sempat didengar oleh warga yang berada dekat dengan lokasi longsor. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

I Ketut Yasa menambahkan, jalan yang tertimbun longsor merupakan jalur penting bagi masyarakat Desa Besan dan merupakan jalan yang digunakan oleh masyarakat Desa Gegelang Kabupaten Karangasem.

Dari hasil peninjauannya di lokasi tanah longsor,I Nyoman Suwirta menugaskan Dinas BPBD dan Dinas PUPRPKP Kabupaten Klungkung untuk membersihkan semua area di sekitar Bukit Abah dalam meminimalisir terjadinya tanah longsor susulan di area tersebut.

“Hal ini penting dilakukan, karena jalan menuju Bukit Abah sangat penting bagi masyarakat Desa Besan dan juga merupakan jalan yang digunakan oleh Masyarakat Gegelang Karangasem,” ujar Bupati Suwirta.

Masih kara bupati, penugasan Perbekel dan perangkat desa agar mendata dan melakukan koordinasi dengan masyarakat Desa Besan yang mempunyai tanah di sekitar jalan menuju Bukit Abah, bhal ini dilakukan karena Pemkab Klungkung kedepan akan melakukan pendataan dan pelebaran di sepanjang jalan tersebut dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara kendaraan bermotor dan masyarakat sekitar yang akan menuju Bukit Abah.

Bupati Suwirta juga menugaskan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung untuk melakukan perencanaan total terkait penataan dan pelebaran jalan di sepanjang jalan menuju Bukit Abah.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menyatakan pada tahun 2022 akan mulai dilakukan penataan Jalan di Bukit Abah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman, Anak Agung Gede Lesmana menyatakan saat ini lebar jalan menuju Bukit Abah adalah 5 meter. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Klungkung, I Putu Widiasa, Camat Dawan, I Dewa Gede Widiantara serta pemuka masyarakat. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *