Kapolda Bali Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Bangli

  • Whatsapp
Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra SH Msi saat mengecekan kesiapan pengamanan Pilkada di Mapolres Bangli, Rabu (2/12/2020). 

BANGLI | patrolipost.com – Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra SH MSi menyambangi Polres Bangli guna mengecek kesiapan pengamanan Pilkada Bangli, Rabu (2/11/2020). Selain itu Kapolda juga melakukan tatap muka dengan Forkopimda Bangli.

Di hadapan anggota Polres Bangli, Kapolda mengatakan di tengah situasi pandemi Covid-19, pihaknya mengingatkan personelnya untuk menjaga kesehatan. Jika ada yang sakit agar segera melapor sehingga tugas bisa digantikan.

Bacaan Lainnya

Irjen Putu Jayan Danu mengatakan, personel yang mendapat tugas di lapangan bila kondisinya sakit agar tidak takut melapor. Bagi yang sakit bisa digantikan personel lainya.

“Jangan takut melapor. Kasehatan yang utama, dan jangan sampai malah memunculkan klaster baru, dan kami perintahkan Kapolres untuk mengecek kesehatan personel sebelum turun menjalankan tugas pengamanan TPS,” tegasnya.

Selain itu Kapolda juga mengingatkan agar personel Polres Bangli untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Irjen Putu Jayan Danu menjelaskan kehadirannya ke Polres Bangli untuk mengecek kesiapan pengaman Pilkada Bangli yang tinggal seminggu lagi.

“Hari ini anggota yang bertugas di TPS di-apelkan, ada 765 personel. Saya cek kesiapan anggota dan kondisi sudah siap,” ujarnya.

Dalam situasi seperti ini, Kapolda menekankan agar petugas di TPS dalam kondisi sehat. Personel yang bertugas selain menerapkan sekaligus mengawasi penerapan Protokol Kesehatan sesuai penanganan Covid-19. Selain itu dalam pemungutan suara nantinya tidak ada pelanggaran.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Ketua Bawaslu untuk pengawasan pemungutan suara. Titik krusial yang perlu diback up. Begitu pula dengan KPU juga sudah kami sambangi,” sebut Irjen Putu Jayan Danu.

Sementara untuk pengamanan akan diback-up dari Polda Bali dan Polres yang di wilayahnya tidak melaksanakan Pilkada. “Dari 9 Kabupaten ada 6 kabupaten yang melaksanakan Pilkada. Sehingga Polres yang tidak ada pengamanan dan personel Polda kita mendorong kekuatan ke Bangli,” jelasnya, sembari mengatakan sekitar 394 personel akan memback up pengamanan di Bangli.

Disinggung soal netralitas jajarannya, Irjen Putu Jayan Danu menegaskan bahwa netralitas Polri harga mati. Sebagai untuk keamanan tidak ada memihak pasangan calon manapun. Dikatakan pula bahwa personel sudah mendapat arahan khusus agar menjaga netralitas.

“Sudah tegas instruksi dari Kapolri, anggota Polri harus netral, bila ada yang melanggar akan ditindak tegas. Kami ingatkan anggota untuk menjaga sikap, jangan sampai dinilai tidak netral,” jelasnya.

Selain mengecek kesiapan pengamanan, Kapolda Irjen Putu Jayan Danu juga melakukan tatap muka dengan jajaran Forkopinda Bangli. Hadir Bupati Bangli I Made Gianyar, Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika, Dandim Bangli Letkol Inf I Putu Gede Suardana, Kajari Bangli Ery Syarifah. Selain itu hadir Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan dan Ketua Bawaslu Bangli Nengah Purna. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *