Gubernur DKI dan Wagub Positif Corona, Ini Pesan Anis untuk Birokrat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan). Keduanya dinyatakan positif Covid-19. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan positif virus Corona (Covid-19). Meskipun terpapar Anies mengaku akan tetap memimpin rapat secara virtual.

“Saya akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu,” kata Anies dalam rilis di situs PPID Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Anies mengatakan saat ini dirinya menjalani isolasi mandiri. Tim medis juga terus memantau perkembangan kesehatan Anies.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujarnya.

Selama menjalani isolasi mandiri, Anies tinggal terpisah dari keluarga. Sementara keluarga tetap tinggal di kediaman pribadi Anies.

“Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” ujarnya.

Kepada semua pihak yang pernah melakukan kontak erat dengan Anies diminta untuk melakukan tes swab. Anies mengatakan tim Dinas Kesehatan akan melakukan pendataan.

“Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke Puskesmas terdekat untuk menjalani swab test. Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan,” tambahnya.

Pemprov DKI memutuskan akan menutup kantor yang digunakan Anies untuk bekerja. Penutupan dilakukan dalam sementara waktu.

“Unit kantor Gubernur akan ditutup, seperti juga kantor Wagub sudah ditutup,” kata Anies dalam video di akun Instagramnya.

Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria sebelumnya juga positif Corona. Hasil tersebut diketahui pada Jumat (27/11) lalu.

“Kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali,” jelas Ahmad Riza Patria dalam keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta, Minggu (29/11/2020).

Riza mengatakan dirinya melaksanakan isolasi mandiri. Dinas Kesehatan juga mengawasi kondisi kesehatan Riza.

“Sebagaimana prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, setiap pasien terkonfirmasi positif Covid-19 wajib melakukan isolasi mandiri dan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan, baik di level Puskesmas hingga rumah sakit,” ujarnya.

Dari hasil tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI, Riza tertular dari staf pribadinya. Dia pun mengingatkan untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan.

“Mohon doanya agar kita semua dalam kondisi sehat walafiat. Jakarta belum terbebas dari pandemi Covid-19. Jangan ragu dan takut untuk saling mengingatkan protokol 3M. Tetap tingkatkan iman, imun, dan aman bahkan hingga di dalam lingkup keluarga kita,” ujarnya.

Berikan Pelayanan Terbaik
Anies Baswedan uga berpesan kepada jajarannya memberikan pelayanan publik dengan baik untuk masyarakat kendati dirinya terkonfirmasi positif Covid-19.

“Saya berpesan pada semua, terus bekerja dengan giat, semua pelayanan harus berjalan dengan amat baik dan jangan sampai ada layanan publik terganggu,” ujar Anies melalui keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Anies juga berpesan agar birokrat DKI Jakarta tetap mengutamakan kesehatannya agar terhindar dari penularan virus corona. “Selamat bertugas, semoga kita semua terus dan tetap diberi kesehatan oleh Allah SWT,” tuturnya.

Sekadar informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terkonfirmasi positif corona menyusul Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria. Kini keduanya menjalani isolasi mandiri 14 hari. (305/dtc)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.