Paslon Sadia Bisa Siap Sediakan Ambulance di Masing-Masing Desa

  • Whatsapp
Paslon Sang Nyoman Sedana Arta dan Wayan Diar (Sadia Bisa).

BANGLI | patrolipost.com – Calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar (Sadia Bisa) ingin mengoptimalkan layanan kesehatan di Bangli. Untuk mempermudah layanan kepada masyarakat pasangan calon (Paslon) yang diusung PDIP, Demokrat, Gerindra, PKPI dan Hanura ini bakal menyiapkan fasilitas berupa ambulance di masing-masing desa. Selain itu direncanakan pembangunan rumah sakit di wilayah Kintamani.

Paslon Sedana Arta dan Wayan Diar mengatakan, dalam bidang kesehatan, pihaknya punya misi yakni mengembangkan pelayanan kesehatan masyarakat yang terjangkau, merata, adil dan berkualitas.

Bacaan Lainnya

Dalam pelayanan kepada masyarakat didukung dengan pengembangan sistem dan data base riwayat kesehatan bagi seluruh krama Bangli.  Lanjutnya, beberapa program yang dirancang penguatan sistem pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 secara terpadu, tersistem dan terintegrasi.

Membangun Rumah Sakit untuk pemenuhan layanan kesehatan di Bangli Utara (Kintamani dan sekitarnya). “Kami juga merancang program pelayanan kesehatan gratis bagi seluruh Krama Bangli,” jelasnya, Minggu (29/11/2020).

Politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini menyebutkan, masih perlu dilakukan peningkatan akses pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas dengan standar dan kualitas yang sama. “Revitalisasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangli untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas salah satu target ke depannya,” sambungnya.

Selain peningkatkan fasilitas kesehatan perlu pula dukungan SDM yang berkompeten. “Dalam hal ini perlu pengangkatan tenaga medis dan paramedis untuk ditempatkan di Rumah Sakit di Kecamatan Kintamani, Puskesmas dan Puskesmas Pembantu berdasarkan analisis kebutuhan,” sebut Cabup Sedana Arta yang juga Ketua DPC PDIP Bangli ini.

Di sisi lain untuk mempermudah layanan di pedesaan, paslon merancang pengadaan fasilitas ambulance desa di masing-masing desa.

Disinggung soal kondisi keuangan Bangli untuk mendukung misi tersebut, Cabup Sedana Arta mengatakan, pengadaan ambulance dilakukan secara bertahap. “Program ini untuk mempercepat akses untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, melihat geografis di Bangli ada beberapa desa yang jaraknya sangat jauh dengan tempat faskes,” ungkapnya.

Cabup Sedana Arta juga mengungkap beberapa program di bidang pendidikan. Bakal dikembangkan sistem pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pemenuhan kebutuhan pendidikan dasar secara gratis. Pemberian beasiswa kepada siswa miskin dan berprestasi unggul untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Selain itu, pihaknya juga merencanakan pengembangkan Lembaga Pendidikan berbasis Keagamaan Hindu mulai PAUD/TK, SD, SMP dalam bentuk Pasraman (formal, non formal, dan informal).

Politisi yang juga menjabat Wakil Bupati Bangli ini menambahkan, kesejahteraan guru, pegawai ASN non ASN bakal ditingkatkan. “Kesejahteraan pegawai akan ditingkatkan, begitu juga peningkatan sarana prasarana pendidikan di Bangli,” ujarnya.

Ditambahkan pula sektor pendidikan ini menjadi sangat penting dan menjadi sektor unggulan dalam Misi Pembangunan Paslon SADIA BISA untuk lima tahun ke depan karena hasil (outcome) pendidikan memiliki dampak yang besar terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di suatu daerah.

Pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang ekonomi amat tergantung dari hasil pendidikan yang berkualitas. “Pembangunan sektor pendidikan akan meningkatkan produktivitas dan daya saing masyarakat. Peningkatan produktivitas mempunyai kaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara atau daerah,” imbuhnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *