Tak Ikut Rapid Test, TNI-Polri Datangi Rumah Warga

  • Whatsapp
Kodim 0501 Jakarta Pusat mengggelar rapid test massal di kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (27/11/2020). (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Kodim 0501 Jakarta Pusat mengggelar rapid test massal di Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (27/11/2020). Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arief meyakini rapid test massal kali ini akan lebih efektif karena menggunakan sistem jemput bola.

Luqman menjelaskan, rapid test kali ini disebar di empat RW yang berbeda. Petugas pun sudah memegang daftar nama-nama warga di tiap RW.

“Sehingga apabila mereka tidak datang untuk rapid test, maka akan kami hampiri dan bujuk,” ujar Luqman di Petamburan. Kendati demikian, ia memastikan tak akan ada paksaan ke warga untuk melakukan rapid test. Menurut dia, petugas dari TNI-Polri dan Puskesmas hanya akan memberikan imbauan mengenai pentingnya giat rapid test ini. Luqman menegaskan, pemeriksaan lebih dini akan potensi Covid-19 jauh lebih baik dibanding mengabaikan penyebaran virus tersebut.

“Kami paham banyak warga yang mungkin takut dengan hasilnya nanti. Tapi kami menjamin setelah rapid test apabila positif akan kami beri perawatan,” ujarnya.

Kegiatan rapid test juga sebelumnya sudah digelar Polda Metro Jaya di Petamburan selama tiga hari pada 22-24 November kemarin.

Namun selama tiga hari itu, hanya 276 warga Petamburan yang mengikuti kegiatan tersebut, dengan hasil 5 orang dinyatakan reaktif. Adapun rapid tes massal di Petamburan ini digelar karena dalam beberapa waktu terakhir muncul sejumlah kerumunan dari massa simpatisan Rizieq Shihab. Kerumunan sempat terjadi saat massa menyambut Rizieq sepulang dari Arab Saudi, dua pekan lalu. Kemudian kerumunan kembali terjadi setelah Rizieq menggelar acara pernikahan putrinya yang juga sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (305/snc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *