Bupati Gianyar Hadiri Upacara Mlaspas Balai Kulkul di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo

  • Whatsapp
Bupati Gianyar Made Mahayastra bersama Wabup Anak Agung Gde Mayun saat mengikuti rangkaian Upacara Mlaspas Balai Kulkul di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo, Rabu (25/11/2020). (kominfo/ngr ww)

GIANYAR | patrolipost.com – Pembangunan Balai Kulkul bantuan hibah dari Pemkab Gianyar di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sudah rampung. Upacara mlaspas dilaksanakan, Rabu (25/11) dengan dihadiri Bupati Gianyar Made Mahayastra bersama Wabup Anak Agung Gde Mayun.

Prosesi upacara pemlaspasan diawali dengan mendem dasar dan mendem pedagingan di bawah Balai Kulkul. Setelah itu prosesi ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Mahayastra. Selanjutnya dilaksanakan persembahyangan bersama dan dharma wacana dari ketua PHDI Kecamatan Tegaldlimo. Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Gianyar Wayan Tagel Winarta, beberapa anggota DPRD Gianyar serta OPD terkait Pemkab Gianyar.

Bupati Mahayastra mengucap syukur, pembangunan Balai Kulkul telah tuntas.

“Balai Kulkul ini sudah sesuai dengan corak pura di Jawa dan saya sangat senang bisa hadir dalam upacara pemlaspasan,” ujar Bupati Mahayastra di sela-sela prosesi.

Sementara itu, Ketua PHDI Kecamatan Tegaldlimo, Joko Setiyoso berterimakasih kepada Bupati Gianyar atas pembangunan Balai Kulkul.

“Semoga dengan pembangunan ini, menimbulkan aura positif untuk umat seluruhnya,” ucapnya.

Kabag Kesra Pemkab Gianyar I Wayan Arsana menjelaskan, Pemkab Gianyar pada April 2020 lalu menyerahkan dana hibah tahun 2020 sebesar Rp 400 juta untuk pembangunan Balai Kulkul di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo dan diterima Ketua Yayasan Alas Purwo, Sujarwo.

“Hari ini (Rabu) Balai Kulkul yang sudah selesai dibangun dilaksanakan upacara Mlaspas,” jelasnya.

Pura Alas Purwo merupakan pura yang sangat bersejarah bagi umat Hindu. Pura yang berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi merupakan salah satu situs Hindu peninggalan kerajaan Majapahit. (kominfo/ngr ww)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *