Ya Ampun! Website Pemkab Badung Dihacker, Tampilkan Tikus Gendong Karung Uang

Tampilan website dengan alamat https://badungkab.go.id/, mendadak berisi kartun tikus yang menggendong sekarung uang yang tercecer. (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Website resmi milik Pemkab Badung diretas hacker sehingga website dengan alamat https://badungkab.go.id/, tak bisa diakses oleh masyarakat luas sejak Sabtu (7/11/2020). Tak hanya itu akibat ulah hacker, tampilan website justru bergambar kartun seekor tikus tengah menggendong sekarung uang.

Tampak pula uang pecahan rupiah berceceran. Kemudian di website tersebut juga tertulis “hacked by Atengg377 Ft Mr4NGG3R”. Tertulis pula “$ Jakarta Cyber Team X Banyumas Cyber Team $”.

Atas kejadian itu, Senin (9/11/2020) Pemkab Badung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengaku tengah melakukan perbaikan dan membuat websiste baru agar ke depan tidak mudah dibobol hacker.

Kadiskominfo Badung IGN Gede Jaya Saputra yang dikonfirmasi, Senin (9/11)
membenarkan website sedang dalam masa perbaikan secara menyeluruh. Pihaknya bahkan mengaku sedang membangun website yang baru dengan sistem keamanan kekinian.

“Karena ini websitenya datanya besar jadi perlu waktu migrasi dari server vendor ke server lokal,” ujarnya.

Mantan Camat Mengwi ini mengakui website yang ada sekarang telah dibangun tahun 2015. Teknologi yang digunakan sudah lama, sehingga celah hacking itu banyak. “Kita bangun ulang sekarang. kami akan menggunakan teknologi dan security yang update,” kata Jaya Saputra.

Pembangunan website baru, imbuh dia diperkirakan membutuhkan waktu hingga 2-3 bulan. “Intinya awal tahun 2021 kami targetkan sudah siap,” tukasnya.  (634)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.