The Patra Bali Kandidat Penerima Penghargaan BUMN CSR Award Bali 2020

  • Whatsapp
Foto bersama manajemen The Patra Bali Resort & Villas dengan Panitia BUMN CSR Award 2020.

MANGUPURA | patrolipost.com – BUMN CSR Award Tahun 2020 merupakan ajang bergengsi tahunan yang saat ini memasuki tahun ke-3 yang diselenggarakan oleh Forum CSR BUMN Provinsi Bali untuk seluruh perusahaan BUMN, khususnya yang berlokasi di Bali (27 BUMN). The Patra Bali Resort & Villas merupakan salah satu unit usaha PT Patra Jasa, yang pada tahun sebelumnya mendapatkan penghargaan “Gold”, dan kali ini kembali menjadi kandidat penerima penghargaan pada tahun 2020.

Terkait hal ini, Panitia BUMN CSR Award mengunjungi The Patra Bali Resort & Villas untuk mengadakan wawancara di Gianyar Room, Senin (19/10/2020), untuk mengkonfirmasi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Patra Jasa yang dilakukan di unit usaha Hotel The Patra Bali Resort & Villas selama 1 tahun terakhir.

Bacaan Lainnya

Tim Penilai BUMN CSR Award terdiri dari Nyoman Wahyu Widiana SE MSi (ketua), didampingi Ni Putu Yuli Tresna Dewi SE MM, Ni Ketut Murdani SSos SE MM, AA Elik Astari SE MM, Putu Ari Mulyani SE MSi, I Nyoman Suparta SE MSi, dan Putu Danis Rumanggi SH MH.

Dalam kesempatan itu, GM The Patra Bali Resort & Villas Suwardi, didampingi Kadek Dewi Wirati (Ketua CSR Team/Quality Assurance Manager), IA Andikawati Manuaba (Room Division Manager), Wayan Eka Putra Adnyana (Human Resource Manager), Agus Latiyasmoro (Chief Engineer), Komang Sri Wuryani (Financial Controller), Koming Miharsini (Guest Activities Manager), Shinta Saptarini, dan Made Sumadi.

Suwardi menjelaskan, sebagai salah satu anak perusahaan BUMN, PT Patra Jasa selalu menerapkan prinsip-prinsip CSR yang mengacu pada ISO 26.000, yakni menerjemahkan tanggung jawab sosial sebagai tanggung jawab suatu organisasi atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan, melalui perilaku yang transparan di seluruh unit usaha Patra Jasa.

“Sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat, PT Patra Jasa melalui lini bisnisnya Patra Hotels & Resorts yaitu, The Patra Bali Resort & Villas yang beroperasi di wilayah Provinsi Bali rutin menyelenggarakan program CSR setiap tahunnya untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat. Ruang lingkup kegiatan CSR yang dilakukan meliputi pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan masyarakat, sarana dan prasarana umum serta pada bidang keagamaan,” ujar Suwardi.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh pihak The Patra Bali Resort & Villas bukan hanya untuk mendapatkan penilaian dari masyarakat ataupun lembaga survei. Namun hal ini merupakan suatu bentuk rasa syukur dari perusahaan atas pencapaian selama beroperasi.

Adapun beberapa kegiatan CSR pada tahun 2019 meliputi: program bidang lingkungan seperti, memberikan pasokan air bersih untuk Pura Dalem Celuk Waru, Banjar Segara, dan Pantai Nelayan Selatan hotel. Serta menyediakan pasokan listrik untuk keperluan kegiatan di Banjar Segara Kuta.

Program pemberdayaan masyarakat sekitar yaitu, menjalin kemitraan dengan Jero Mangku dari Banjar Segara dalam penyediaan sarana upacara persembahyangan di The Patra Bali Resort & Villas. Bermitra dengan seniman lokal di sekitar hotel untuk menyelenggarakan pertunjukan rindik dan Tari Ramayana secara rutin setiap Senin, Selasa, Kamis, dan Minggu serta bila ada permintaan khusus dari tamu.

Pemeliharaan lanjutan terumbu karang di Teluk Pemuteran, Buleleng, yang memasuki tahun ke-3 pada awal November 2020. Juga pembinaan dan pelatihan keterampilan pembuatan dupa “Sehat Alami Suci Berbudaya Bali” di Banjar Suka Duka Dukuh Kembang, Kabupaten Badung, yang memasuki tahun ke-2 dan akan dilaksanakan pada awal November 2020.

Program bantuan untuk masyarakat, meliputi donor darah rutin setiap 4 bulan sekali, memberikan bantuan kepada LPM Kuta berupa nasi kotak, dan partisipasi dalam kegiatan HUT Denkav. Berpartisipasi dalam bazzar amal pembangunan Br Segara Kuta pada Juli lalu, memberikan bantuan baju seragam kepada pedagang yang berjualan di depan pantai The Patra Bali, serta memberikan bantuan berupa sembako dan keperluan sehari-hari kepada Panti Werdha Wana Seraya dan Panti Asuhan Sunya Giri di Denpasar.

Adapun beberapa kegiatan CSR pada tahun 2020 dalam program bidang lingkungan meliputi, pemberikan pasokan air bersih untuk Pura Dalem Celuk Waru dan Banjar Segara, dan memberikan fasilitas sumur air bersih dan pasokan air bersih untuk para nelayan hingga Mei 2020. Serta menyediakan pasokan listrik setiap saat untuk keperluan kegiatan di Banjar Segara Kuta, dan menggelar kegiatan donor darah pada Februari lalu.

Program bidang pendidikan dan pelatihan, lingkungan dan budaya, berupa bantuan sarana dan prasarana air bersih untuk Kelompok Nelayan Pantai Sekeh. Juga pembinaan dan pelatihan keterampilan pembuatan dupa sehat alami suci berbudaya Bali di Banjar Danginsema, Desa Tumbakbayuh, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Termasuk kegiatan pelatihan kepariwisataan untuk sejumlah siswa SMKN 1 di Nusa Penida. Serta pembuatan sistem air bersih dengan metoda zoning di Dusun Auman, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, hal ini untuk menanggulangi permasalahan belum meratanya pelayanan air bersih untuk konsumsi masyarakat sehari-hari di Dusun Auman dan belum termanfaatkan secara optimal sumber-sumber air yang ada.

“Dengan adanya kegiatan CSR yang dilakukan oleh Patra Jasa di unit Hotel The Patra Bali Resort & Villas ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat serta memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar,” kata Suwardi. (246)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *