Peduli Ekonomi Masyarakat, PSI Adakan Workshop Kembangkan Usaha bagi Pemula

  • Whatsapp
Rudyanto Wibisono saat berikan materi workshop bagi pebisnis pemula di Rumah Pintar PSI.

DENPASAR | patrolipost.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar workshop bertajuk “Langkah Jitu Memilih Jenis Usaha bagi Pemula,” di Rumah Pintar PSI, Perum Kertha Dalem Mansion B17, Sidakarya, Denpasar, Sabtu (17/10/2020). Ini sebagai salah satu wujud kepedulian PSI terhadap ekonomi masyarakat, terutama masyarakat kalangan bawah yang ingin menjalankan usaha tertentu.

Dalam workshop ini narasumber Rudiyanto Wibisono SE CNLP membagikan banyak langkah jitu terutama untuk kembangkan usaha bagi pebisnis pemula. Ada banyak pilihan bagi pengusaha yang baru merintis usahanya. Intinya adalah bagaimana bisnis baru bisa maju dan berkembang dalam gempuran kompetitor.

Lebih lanjut, Rudi menerangkan bahwa, membangun bisnis baru termasuk gampang-gampang susah. Sehingga tahapan planning dalam memulai usaha harus benar-benar matang.

“Bagi pebisnis pemula, menjawab pelanggan dengan jawaban harga lebih murah, kualitas lebih bagus, lebih enak, lebih berkhasiat adalah jawaban umum yang tidak bisa dipakai untuk membuat pelanggan lebih memilih produk kita. Jawab pelanggan dengan jawaban lebih spesifik sehingga dia menemukan alasan untuk membeli produk Anda,” kata Rudi di depan peserta workshop.

Workshop yang dihadiri belasan pebisnis pemula ini terselenggara atas sinergitas PSI dengan para pelaku bisnis dalam mengembangkan perekonomian masyarakat.  Para pebisnis pemula sangat antusias menyimak serta memberikan tanggapan dan pertanyaan atas materi yang dipaparkan.

Memulai berbisnis menurut Rudiyanto adalah membuat gagasan. Gagasan yang dipilih tentunya gagasan terbaik. Selanjutnya adalah menemukan alasan mengapa gagasan itu dipilih dan apa tujuan jangka panjang dari gagasan tersebut.

Ada berbagai jenis usaha yang dilakukan peserta workshop, ada penjual madu asli, minyak kayu putih, sosis unik khas Bali, esensial oil dan lain sebagainya. Harapannya, dengan banyak menggali pengetahuan baru tentang strategi berbisnis, usaha yang mereka rintis akan bisa berkembang semakin besar.

“Punya usaha tapi tidak punya visi yang jelas, usahamu tak akan berkembang, itu-itu aja. Saat ada badai dalam bisnismu, pasti bisnismu akan berhenti. Saat mulai bisnis, pikirkan bisnismu mau jadi seperti apa. Tujuan akhirnya harus jelas,” tutup Rudi. (cr03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *