Kemenkes Serahkan Bantuan Covid-19 untuk 9 RS di Bali

Direktur Utama RSUP Sanglah dr I Wayan Sudana saat mendampingi Kemenkes menyerahkan bantuan untuk penanganan Covid-19 di Bali.

DENPASAR | patrolipost.com – Direktur Utama RSUP Sanglah dr I Wayan Sudana MKes mendampingi Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Mayjen TNI (Purn) Daniel Tjen SpS dan Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes dr Andi Saguni, saat penyerahan bantuan alat kesehatan kepada 9 RSUD di Provinsi Bali. Bantuan diterima langsung Gubernur Bali Wayan Koster di kediaman Gubernur Bali Jayasabha Denpasar, Senin (5/10/2020).

Sebagai salah satu rumah sakit pusat rujukan untuk pasien Covid-19 di Bali, RSUP Sanglah juga ikut menerima bantuan tersebut. Adapun bantuan yang diserahkan berupa Optiflow, masker kain, masker medis, rapid test, buku Protokol Kesehatan hingga alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis sampai ventilatior, untuk penanganan Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Bantuan ini sangat penting bagi RSUP Sanglah untuk pelayanan pasien Covid-19. Kami yakin dengan adanya bantuan ini akan lebih meningkatkan kemampuan rumah sakit dalam melayani pasien Covid-19,” ujar Sudana.

Sementara itu, Daniel Tjen menerangkan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungannya ke Bali pada 18 September 2020 lalu. Dimana, Gubernur Koster sempat menyampaikan permohonan bantuan untuk penanganan Covid-19 di Bali.

Selanjutnya, Daniel meminta agar para dokter dan perawat hendaknya memperhatikan panduan penanganan pasien Covid-19 yang telah disusun Kementerian Kesehatan. Panduan itu dibuat merujuk pada ketentuan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Sehingga dengan adanya panduan tersebut, pasien Covid-19 akan mendapat penanganan dan obat yang sama.

“Dari ujung barat sampai ujung timur, penanganan pasien Covid-19 sama,” jelasnya.

Selain itu, jumlah bantuan dari Kementerian Kesehatan untuk 9 RSUD di Provinsi Bali yakni 25 unit ventilator, 24 ribu buah masker kain, 2.000 buah masker medis, 10.100 buah alat pelindung diri (APD) Coverall, 1.000 alat rapid test, 20 buah optiflow serta buku panduan penanganan pasien Covid-19. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.