TP PKK Gianyar Gelar Webinar Optimalkan Pemanfaatan Tanaman Hatinya PKK

Webinar Pemanfaatan Tanaman Hatinya PKK untuk menunjang peningkatan pendapatan keluarga di masa pandemi Covid 19, Sabtu (3/10/2020).

GIANYAR | patrolipost.com – Awal tahun 2020 tepatnya bulan Februari, melalui dana APBD Kabupaten Ginyar dan dana bantuan dari TP PKK Provinsi Bali, TP PKK Kabupaten Gianyar telah turun ke desa-desa untuk melaksanakan program Hatinya PKK. Berbagai jenis bantuan bibit tanaman telah diberikan, untuk ditanam di pekarangan rumah.

Kini, setelah hampir 9 bulan telah berlalu, tentu tanaman itu telah tumbuh dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan keluarga. Bahkan untuk memantau perkembangan bantuan bibit yang telah diberikan, TP PKK Kabupaten Gianyar juga telah melakukan monev ke 24 desa yang telah mendapatkan bantuan tanaman Hatinya PKK selama 3 hari berturut-turut (21-23 Sepetember) lalu. Hasilnya sangat menggembirakan, selain sudah panen, tidak sedikit dari mereka yang sudah mulai pembibitan lagi.

Bacaan Lainnya

Hal ini ditegaskan Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra, kala acara webinar (seminar virtual/online) Pemanfaatan Tanaman Hatinya PKK Untuk menunjang Peningkatan Pendapatan keluarga di Masa Pandemi Covid 19, di Commad Center Kantor Bupati Gianyar, Sabtu (3/10/2020).

Pada kesempatan itu, Surya Adnyani Mahayastra mengucapkan terimakasih atas semangat masyarakat dalam memanfaatkan bibit tanaman yang diberikan. Seperti di Kelurahan Samplangan selain bantuan bibit, mereka secara swadaya menambah jenis tanaman yang ditaman. Bahkan tidak sedikit yang mempunyai lahan sempit, mereka menata pekarangan menggunakan rak bertingkat.

“Saya sangat berterimakasih atas semangat masyarakat, bahkan ada di Desa Singakerta Ubud mereka berhasil membuat tanaman persilangan antara terong kokak, terong ungu, terong putih dan tomat yang ditempel dalam satu pohon,” kata Adnyani Mahayastra bangga.

Melihat semangat inilah, istri dari Bupati Gianyar Made Mahayastra kembali ingin mengajak masyarakat untuk memanfaatkan atau mengolah hasil panen menjadi sesuatu produk yang bermanfaat bahkan mempunyai nilai jual. Melalui webinar yang diikuti oleh anggota TP PKK desa/kelurahan, PKK Kecamatan, organisasi wanita di Kabupaten Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra mencoba membagi ilmu pada masyarakat dengan menghadirkan narasumber Prof Dr Ir I Wayan Suparta MS, Tim Ahli Pembangunan Bupati Gianyar dengan membawakan materi tentang budidaya tanaman Hatinya PKK guna meningkatkan perekonomian dan pendapatan keluarga. Disamping itu ada narasumber dari praktisi lingkungan hidup Ir IA Rusmarini MP dengan materi pengolahan dan pemanfaatan tanaman Hatinya PKK dalam menjaga serta meningkatkan imun keluarga dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

“Beragam bibit yang kami berikan agar tidak hanya dimanfaatkan begitu saja, seperti dipakai sayur, ataupun sebagai bumbu dapur. Namun bisa juga diolah menjadi produk lain yang tentu saja tidak mengubah nilai gizinya,” jelas Surya Adnyani Mahayastra.

Pada webinar tersebut, Ketua TP PKK Gianyar Surya Adnyani Mahayastra  kembali mengingatkan pada seluruh peserta, tentang konsep taman Hatinya PKK, yaitu menata halaman pekarangan menjadi asri, teratur, indah dan nyaman. Hendaknya bantuan tanaman yang diberikan jangan ditanam di halaman belakang rumah, namun hendaknya ditata menjadi taman di halaman rumah.

Turut hadir pada acara webinar, wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny Diana Dewi Agung Mayun, Kadis PMD Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi dan pengurus TP PKK Kabupaten Gianyar.  (kominfo/eni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.