Resmi Dibuka Hari Ini, Denfest 2020 Jadi Festival Daring Terbesar dan Terpanjang Hadirkan 189 Mata Acara

Pelaksanaan Geladi Inagurasi Pembukaan Denpasar Festival (Denfest) ke-13 Tahun 2020.

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Denpasar Festival (Denfest) ke-13 Tahun 2020 yang digelar dalam jaringan (daring) secara resmi dibuka Jumat (2/10/2020). Gelaran Denfest kali ini menjadi festival daring terbesar dan terpanjang di Indonesia, dengan hadirkan 189 mata acara dan melibatkan 407 komunitas kreatif Kota Denpasar. Sementara sajian garapan Inagurasi telah dikemas apik bertajuk Siwa Nataraja sebagai pembukaan.

Ketua Harian Bekraf Kota Denpasar, I Putu ‘Lengkong’ Yuliarta menjelaskan bahwa Denfest tahun ini memang dikemas berbeda. Event tahunan yang ikonik ini, akan digelar secara daring selama tiga bulan penuh dengan 189 mata acara yang melibatkan 407 komunitas kreatif Kota Denpasar.

Sementara pelaksanaan Denfest digelar secara daring ini sebagai upaya untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 dalam hal pemulihan ekonomi.

“Mungkin dapat dikatakan sebagai event atau festival daring terbesar dan terpanjang di Indonesia, ada 189 mata acara dengan menggandeng 407 komunitas kreatif,” ujar I Putu ‘Lengkong’ Yuliarta disela Gladi Pembukaan Denfest pada Kamis, 1 Oktober 2020 kemarin.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa meskipun Denfest digelar penuh, namun penerapan protokol kesehatan tetap menjadi penglima utama dalam pelaksanaannya. Sehingga masyarakat dapat tetap produktif dan aman di masa Covid-19 ini, serta perekonomian dapat kembali tumbuh.

Selain itu, pelaksanaan pembukaan dihadiri undangan secara terbatas, sedangkan undangan lainnya dapat menyaksikan jalannya pembukaan secara daring di platform http://denfest.kreativi.id/ pada pukul 18.00 Wita.

Adapun morfologi pelaksanaan Denfest ke-13 Tahun 2020 ini terdiri atas OPD Pemerintah Kota, Institusi Pendidikan, Budayawan & Antropolog, Kelompok Budaya & Seni, Pelaku UMKM Perdagangan, Pengembang Desain & Kreatif dan Organisasi Sosial Masyarakat, yang nantinya disebut pola Gotong Royong membangkitkan perekonomian masyarakat.

Denfest kali ini turut menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari Food Festival, Craft, Fashion dan Exhibition, Virtual Fashion Show, dan Film Mebarung. Berikutnya, juga kegiatan Kompetisi Kreatif Piala Walikota, Visualisasi Puisi, Drama Satu Babak, Lomba Esai Foto Denfest 2020, Lomba Sketsa Denfest 2020, Lomba Ogoh-ogoh Virtual, Mendongeng, Late Art Competition, Music Battle, Workshop Fotografi, Workshop Keramik dan Workshop F & B.

Tidak hanya itu, beragam hiburan dari tradisi modern dan kontemporer yang akan hadir dalam pelaksanaan Denfest Tahun 2020 ini.

“Tentunya kami mengundang dan berharap dukungan seluruh masyarakat untuk menghadiri pembukaan Denfest ke-13 secara virtual serta menyukseskan pelaksanaan Denfest Tahun 2020 ini sebagai wadah kreativitas, akselerasi serta mendukung perputaran perekonomian untuk membangkitkan geliat sektor UMKM di Kota Denpasar. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Yani)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.