Donor Darah Plasma Konvalesen, Kodim 1610/Klungkung Bertekad Sembuhkan Pasien Covid-19

  • Whatsapp
Donor darah plasma konvalesen berlangsung di Makodim 1610/Klungkung, Kamis (1/10). (ron)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Serangkaian menyambut HUT Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 1610/Klungkung ikut menjadi penggerak untuk bisa menekan penyebaran Covid-19 di bumi serombotan Klungkung, dengan menggelar donor plasma darah konvalesen atau terapi donor konvalesen di Makodim 1610/Klungkung, Kamis (1/10).

Dandim 1610/Klungkung, Letnan Kolonel Czi Paulus Joni Simbolon S.E.M. Tr. (Han) menegaskan bahwa dari 26 orang sudah melaksanakan screning darah, yang memenuhi syarat sebanyak 23 orang. Sedangkan 2 orang tidak memenuhi syarat dan 1 orang hanya melaksanakan donor darah biasa.

“Kegiatan donor plasma konvalesen ini selain di Kabupaten Klungkung juga diikuti oleh Kabupaten Bangli dan Kabupaten Karangasem, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat membantu pemerintah dalam mempercepat memutus penyebaran Civid-19 dan mempercepat penyembuhan pasien positif Covid-19,” ujar Letnan Kolonel Czi Paulus Joni Simbolon.

Lebih lanjut disebutkan, para pendonor berasal dari tiga Kodim yang ada di Bali Timur, antara lain Kabupaten Klungkung 13 orang, Kabupaten Bangli 8 orang dan Kabupaten Karangasem 5 orang.

Dengan menggerakkan seluruh Babinsa yang turun mendata di lapangan utamanya yang di desa-desa, mereka mengumpulkan data seluruh pasien Civid-19 yang sudah sembuh untuk bisa diambil plasma darahnya. Selain harus memenuhi banyak kreteria, ada juga beberapa pendonor was-was, takut sampai ada yang membatalkan kehadirannya.

“Untuk mereka yang bisa diikutkan dalam donor darah plasma konvalesen ini ada persyaratan yang harus dipenuhi seperti umur 17 tahun sampai 60 tahun, sedangkan perempuan belum pernah melahirkan, tidak pernah ikut transfusi darah,” beber Letkol Czi Paulus Joni Simbolon.

Dirinya juga menyampaikan ada kekhawatiran pendonor, sehingga anggota TNI harus menjelaskan sekaligus mensosialisasikan tentang perlunya donor plasma konvalesen ini.

Disebutkan pula setitik darah sangat berguna untuk masyarakat dan hasil donor plasma konvalesen ini nantinya akan didonorkan pada pasien Covid-19 yang katagori sedang maupun berat.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kabupaten Klungkung mengatakan bahwa kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan demi tugas kemanusiaan sehingga penyembuhan pasen positif Civid-19 dapat segera teratasi dengan cepat dan aman.

Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1619/Klungkung selaku Dansubsatgas Penanganan Covid-19 wilayah Klungkung dalam pelaksanaan donor plasma kovalesen yang sangat bermanfaat bagi pasen positif Covid-19.

“Saya menyambut positif kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat menekan angka kematian pasien Covid-19,” ujar Wabup Made Kasta.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr Ni Made Adi Swapatni, menyatakan donor plasma merupakan salah satu terapi antibodi kepada pasien Covid-19 guna menekan angka kematian pasien Covid 19. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *