Menteri Kominfo: 421 Desa di NTT Segera Nikmati Wifi Gratis

  • Whatsapp
Menteri Kominfo, Johny G Plate saat diwawancarai usai melakukan rapat koordinasi Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi  dalam Wilayah NTT di Labuan Bajo, Jumat (25/9/2020).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Menunjang ketersediaan akses internet di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membangun super wifi gratis di 421 desa. Hal ini disampaikan Menteri Kominfo RI, Johny G Plate dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi  dalam Wilayah NTT di Labuan Bajo, Jumat (25/9/2020).

Dalam Rakor yang dihadiri oleh Wakil Gubernur NTT, Yosef Nae Soi, Dirut  Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Dirut PT Telkomsel serta para Kepala Dinas Kominfo se – wilayah NTT ini, Menteri Johny menyampaikan penyediaan akses internet gratis bagi masyarakat NTT merupakan langkah konkret dari Presiden Jokowi yang menginginkan percepatan transformasi digital di wilayah NTT guna menunjang berbagai bentuk pelayanan publik di desa.

“Jadi tiap desa nanti akan ada 1 super wifi dengan kapasitas antar 4 Mbps sampai 30 Mbps untuk pelayanan publik, baik untuk kantor desa, sekolah atau Puskesmas. Sehingga digitalisasi dari desa dan di desa sudah bisa mulai dilakukan,” kata Menteri Johny.

Pembangunan 421 Infrastruktur Telekomunikasi Base Transceiver Station (BTS) yang berfungsi memfasilitasi komunikasi nirkabel dan peranti komunikasi dan jaringan operator ini menurut Menteri Johny ditargetkan akan rampung pada April 2021.

“Mudah mudahan sekitar April tahun 2021, sebanyak 421 desa ini sudah terlayani dengan super wifi, itu internet yang cukup cepat. Ini sekaligus untuk mendukung elektronik government di desa, Tele education dan Tele health,” katanya.

Di Tahun 2021, lokasi pembangunan BTS dengan layanan 4G di 421 Desa di NTT akan tersebar di 16 kabupaten yakni Kabupaten Manggarai Barat (24 BTS), Kab Manggarai (31 BTS), Kab Manggarai Timur (66 BTS), Kab Nagekeo (1 BTS), Kab. Ende (59 BTS), Kab. Lembata (31 BTS), Kab. Alor (33 BTS), Kab. Timor Tengah Utara (4 BTS), Kab. Timor Tengah Selatan (15 BTS), Kab. Kupang (24 BTS), Kab. Rote Ndao (15 BTS), Kab. Sabu Raijua (3 BTS), Sumba Barat Daya (1 BTS), Kab. Sumba Barat (4 BTS), Sumba Tengah (21 BTS), Sumba Timur (89 BTS).

Sementara pada Tahun 2020, Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) tengah merampungkan pembangunan 151 BTS yang tersebar di 15 Kabupaten di NTT. Hingga akhir tahun 2021, akumulasi jumlah pembangunan BTS yang tersebar di wilayah NTT mencapai 572 lokasi. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *