Resmikan Control Room Dharma Negara Niyatatirta, Walikota: Tingkatkan Pelayanan Air Minum Masyarakat

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, didampingi Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara dan Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma, IB Gede Arsana di Kantor Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma Denpasar, Kamis (24/9/2020). (ani)

DENPASAR | patrolipost.com – Control Room Dharma Negara Niyatatirta milik Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sewakadharma Kota Denpasar diresmikan oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Kantor Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma Denpasar, Kamis (24/9/2020).

Peresmian tersebut didampingi Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara dan Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma, IB Gede Arsana.

Rai Mantra mengapresiasi peresmian Control Room Dharma Negara Niyatatirta. Menurut orang nomor satu di Denpasar ini, dengan diresmikan Control Room Dharma Negara Niyatatirta diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dibidang kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Denpasar. Hal ini menunjukkan tingkat operasional yang semakin berkembang terkait penyediaan air bersih di Kota Denpasar.

“Tentu juga dibutuhkan adaptasi terutama dimasa pandemi ini terkait standar operasional prosedur pelayanan kepada masyarakat. Keberadaan Control Room ini dapat merespon pengaduan masyarakat dengan lebih cepat serta dengan cepat mendeteksi jika terjadi kerusakan pada fasilitas terutama bila terjadi gangguan pasokan air karena faktor alam,” ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan, Control Room Dharma Negara Niyatatirta diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

“Tentu saja peningkatan ini mengikuti perkembangan teknologi di masa kini, dibutuhkan efisiensi dan kecepatan dalam merespon pengaduan dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” jelas Rai Mantra.

Sementara Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma, IB Gede Arsana menerangkan, keberadaan Control Room Dharma Negara Niyatatirta merupakan implementasi dukungan berkelanjutan terhadap program Denpasar Smart City, mewujudkan misi pelayanan prima berbasis Teknologi Informasi menuju era 4.0 Digitalisasi Tahun 2020.

“Dalam proses pengolahan air mulai dari hulu (produksi) hingga hilir (pelanggan) akan terus dikembangkan sebagai muara menyatukan pelayanan scada system produksi, aplikasi pemantauan pressure dan flow pada jalur distribusi dan sumur, sistem distribusi air bersih (SIDAB), pemantauan keluhan pelanggan melalui aplikasi Pro Denpasar serta pemantauan kondisi sumber air baku melalui CCTV,” terangnya.

Selanjutnya, dengan adanya dashboard online control room ini diharapkan dapat memenuhi ekspektasi sebagai media yang up to date secara real time. Selain dapat berfungsi sebagai media informasi dan edukasi yang cepat kepada masyarakat, serta fasilitas ini kedepan dapat dihubungkan dengan pengelolaan data pelayanan yang dikelola Perumda Air Minum Tirta Sewakadharma dan Pemkot Denpasar.

Gede Arsana mengungkapkan bahwa ruangan control room ini juga berfungsi untuk melakukan monitoring, menganalisa dan melakukan kontrol terhadap operasional proses produksi dari air baku menjadi air bersih sekaligus proses distribusinya sampai ke pelanggan secara online. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.