Pemkab Klungkung Matangkan Rencana Pelabuhan Segitiga Emas

Suasana Pelabuhan Tribuana Kusamba, Dawan, Klungkung belum lama ini. (ron)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Pemkab Klungkung melalui Dinas Perhubungan kembali mematangkan rencana pembangunan pelabuhan di sekitar Pesisir Desa Kusamba dan Desa Pesinggahan. Presentasi terkait laporan penyusunan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) sudah dibawa di ruang rapat Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, Rabu (23/9).

Dalam presentasi tersebut, pembangunan pelabuhan induk merupakan salah satu mimpi besar untuk kesejahteraan masyarakat Klungkung.

”Saya harapkan, mimpi besar tersebut bisa terwujud disisa tiga tahun masa jabatan saya,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kamis (24/9).

Pelabuhan Segitiga Emas ini rencananya akan menghubungkan Klungkung daratan, dengan Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Bias Munjul di Kecamatan Nusa Penida yang kini tengah dibangun berkat dukungan dan perjuangan Gubernur Bali ke pemerintah pusat.

Terkait rencana pembangunan pelabuhan tersebut, ketika dihubungi Kadishub Klungkung, Drs Nyoman Sucitra, Kamis (24/9) menegaskan itu baru sebatas rapat study RIP Kusamba. Menurutnya ini baru presentasi rekanan dan konsultan dan stake holder terkait membuat RIP.

“Ini baru study RIP Kusamba dan oleh rekanan dan konsultan dilaporkan pada stake holder terkait dan para operator boat. Nantinya RIP akan dirancang agar bisa dilabuhi kapal roro, sesuai dengan keinginan Bupati Klungkung setelah ada masukan masukan. Dari RIP nantinya akan dipertajam lagi dengan master plan. Dan hal ini prosesnya masih panjang karena anggarannya untuk RIP ada di Dinas Perhubungan,” papar Nyoman Sucitra, secara detil. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.