Bupati: PDAM dan RSUD Pro Aktif Manfaatkan Dana PEN

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memimpin rapat teknis rencana Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). (ron)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri rapat teknis rencana Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (24/9/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menyampaikan bahwa Pemkab Klungkung dalam rangka memberikan kenyamanan dan Kesejahteraan masyarakat Klungkung, mengadakan rapat dengan PT SMI, rapat ini bertujuan untuk melakukan peminjaman dana oleh Pemkab Klungkung yang diperuntukan untuk sarana air minum dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Klungkung.

Perwakilan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Nanang, menyampaikan bahwa perusahaan SMI berdiri pada 26 Februari 2009, merupakan perusahaan pembiayaan khusus infrastruktur, yang didirikan untuk menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk mendukung skema kerjasama Pemerintah Badan Usaha.

PT Sarana Multi Infrastruktur ini membiayai sepuluh sektor infrastruktur dasar dan enam sektor infrastruktur sosial. Kesepuluh sektor infrastruktur dasar tersebut adalah ketenagalistrikan, transportasi, telekomunikasi, rollings stock kereta api, minyak & gas, energy efisiensi, air minum, jalan & jembatan, irigrasi, dan manajemen air limbah & persampahan.

Sementara itu, enam sektor infrastruktur sosial yang bisa dibiayai PT SMI adalah rumah sakit, infrastruktur pemasyarakatan, infrastruktur pendidikan, infrastruktur kawasan, pasar, dan infrastruktur pariwisata.

Nanang menambahkan kriteria dalam mendapatkan bantuan dana dari PEN yakni adanya perencanaan, pengeluaran yang tercatat dengan baik, penyerapan tenaga kerja, penyerapan bahan-bahan lokal, dan dampak kepada sosial ekonomi.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan rasa terima kasih kepada PT SMI yang sudah meluangkan waktu dalam mengikuti rapat dengan menggunakan aplikasi video conference.

Bupati Suwirta menjelaskan alasan mengapa melakukan peminjaman air minum adalah untuk mencukupi kebutuhan wisatawan dan masyarakat terkait kebutuhan air minum di Kecamatan Nusa Penida, dimana Kecamatan Nusa Penida merupakan titik ungkit Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta juga menjelaskan mengenai alasan melakukan peminjaman di bidang pelayanan rumah sakit yakni pembangunan gedung baru, hal ini dilakukan dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan yang baik dibidang kesehatan.

Bupati Suwirta meminta pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Klungkung dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Klungkung agar bergerak cepat dan dapat menangkap peluang yang ada.

“Saya optimis jika kedua sarana itu mendapatkan bantuan dari PT SMI maka akan dapat menambah PAD Klungkung dan memberikan kenyaman dan kesejahteraan bagi masyarakat Klungkung,” ujar Bupati Suwirta.

“Saya mengajak instansi terkait agar perhatian dan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah Pusat ke Kabupaten Klungkung jangan sampai disia-siakan, mari berproses untuk menjadikan Klungkung unggul dan sejahtera,” ajak Bupati Suwirta.

Rapat diadakan dengan menggunakan aplikasi video conference, turut hadir dalam rapat tersebut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung, I Dewa Putu Griawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung. Anak Agung Gede Lesmana dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung, I Wayan Wasta serta instansi terkait lainnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.