BNN Tangkap Oknum Anggota DPRD, Diduga Terlibat Jaringan Jawa-Sumatera

Kepala BNN Sumsel Brigjen Pol Jon Turman Panjaitan saat memberikan keterangan terkait penangkapan anggota DPR berinisial D, Selasa (22/9/2020). (ist)

PALEMBANG | patrolipost.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan menangkap seorang oknum anggota DPRD Kota Palembang berinisial D. Selain D, petugas juga menangkap dua orang perempuan serta dua laki-laki yang merupakan anak buah dari D.

Kepala BNN Sumsel Jon Turman Panjaitan saat dikonfirmasi membenarkan informasi penangkapan tersebut. Jon menjelaskan, penangkapan tersebut berlangsung di kawasan Jalan Riau, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang, Sumsel, Selasa (22/9/2020).

“Dari enam tersangka, barang bukti yang didapat 5 kilogram sabu-sabu dan ekstasinya ribuan belum dihitung. Salah satu di antaranya (pelaku) oknum anggota DPRD Kota Palembang inisial D,” kata Jon saat memberikan keterangan secara langsung.

Jon menjelaskan, enam tersangka saat ini masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Mereka akan mendalami peran dari masing-masing tersangka terkait peredaran narkoba itu.

“Narkoba ini dibawa dari Aceh ke Palembang dan akan diedarkan di wilayah Sumsel. Tersangka ini sudah lama kita intai,” ujar Jon. Para tersangka dibawa petugas dalam kondisi tangan diborgol. Menurut informasi, dua wanita yang ikut ditangkap, salah satunya merupakan istri dari D.

“Kami belum bisa, itu adalah istrinya masih akan diperiksa,” kata Jon.

Jaringan Jawa-Sumatera
Pengungkapkan kader dari salah satu partai ternama ini berawal dari pengembangan dan penangkapan sabu-sabu di Jalan Soekarno Hatta Palembang sebanyak 30 kilogram, Rabu (16/9/2020). Dilanjutkan dengan penangkapan penyelundupan sabu seberat 13 kilogram ke Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (16/9/2020).

“Bahkan tim BNN pusat sempat bolak-balik dari Palembang ke Tasikmalaya, lalu ke Palembang lagi untuk menangkap yang bersangkutan yang diduga jaringan Jawa-Sumatera,” ujar dia.

BNN telah menghitung sabu berhasil disita. Setidaknya ada lima kilogram sabu diamankan dari tangan D.

“Dari penangkapan enam orang itu ada dua perempuan dan empat pria. Kita belum tahu hubungan perempuan ini apakah istrinya, yang jelas telah kita amankan,” jelas dia.

Saat ini pelaku D masih berada di BNNP Palembang. Dirinya akan segera dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut. Menurut Jhon, pihaknya terus mencari pihak-pihak yang terkait dengan jaringan lain.

“Para pelaku akan dibawa ke Jakarta oleh tim dari BNN RI untuk pemeriksaan terkait jaringannya,” tutup dia. (305/kmc/sic)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.