Pasar Kidul Diisukan Tutup Mulai 25 September, Kadisperindag Membantah

Petugas dari Polres Bangli lakukan penyemprotan di Pasar Kidul.

BANGLI | patrolipost.com –  Di tengah meningkatnya kasus Covid-19, santer beredar isu di kalangan pedagang bahwa Pasar Kidul Bangli akan ditutup mulai hari Jumat (25/9/2020) atau tepat pada hari penampahan Kuningan. Berdarnya isu tersebut membuat pedagang  resah.

Kepala Pasar Kidul Bangli, Jro Sabda Negara saat dikonfirmasi terkait kebenaran akan ditutupnya Pasar Kidul mengaku tidak mengetahui hal tersebut. Memang di kalangan pedagang beredar kabar seperti itu. Namun untuk penutupan pasar, pihaknya tentu menunggu instruksi dari  atasan yakni Disperindag Bangli.

Bacaan Lainnya

”Sejauh ini tidak ada penyampaian terkait penutupan Pasar Kidul dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan,” ujarnya, Senin (21/9/2020).

Kata Jro Sabda  tentu jika ada instruksi untuk menutup pasar pihaknya akan menyampaikan  langsung kepada pedagang. ”Kondisi pasar berjalan normal walaupun dari segi jumlah pedagang yang berjualan mengalami penurunan,” ungkap pria asal Banjar/Kelurahan Kawan ini.

Disinggung terkait penerapan Protokol Kesehatan, pihaknya terus melakukan edukasi kepada pedagang. Baik pengunjung maupun pedagang wajib menggunakan masker. Selain itu bagi pengunjung pasar sebelum masuk areal pasar wajib cuci tangan di tempat yang telah disediakan.

Terpisah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan I Wayan Gunawan  menegaskan  tidak ada penutupan Pasar Kidul. Dia pun meminta pedagang agar tidak terpancing dengan isu yang tidak jelas kebenaranya.

”Apa yang menjadi acuan Pasar Kidul ditutup, makanya kami harap pedagang untuk tetap tenang dan beraktifitas seperti biasa,” jelasnya.

Lanjut Wayan Gunawan agar isu ini tidak berkembang luas pihaknya akan segera menghubungi kepala pasar agar menyampaikan kepada pedagang kalau Pasar Kidul tidak ditutup.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 pihaknya meminta agar masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan. “Kepada petugas pasar kami minta agar terus tanpa kenal lelah memberikan edukasi kepada pengunjung pasar agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan covid-19,” kata Wayan Gunawan.

Disisi lain Polres Bangli dalam satuan Satgas Covid-19 melakukan penyemprotan cairan desifektan di Pasar Kidul, Pasar Loka Crana dan seputaran ruas jalan kota Bangli.

Kasubag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi mengatakan, untuk penyemprotan diturunkan satu unit mobil water canon.

”Kegiatan penyemprotan bertujuan memutus penyebaran virus Corona yang proses penyebaran sangat cepat melalui proses sentuhan,” kata AKP Sulhadi. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.