Usulan Masyarakat, Kodim 1611/Badung Sosialisikan Lomba Jurnalistik TMMD ke-109

Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia.

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Kodim 1611/Badung mensosialisasikan Lomba Karya Jurnalistik Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun anggaran 2020 Kodim 1611/Badung, bertema ‘TMMD Pengabdian untuk Negeri’ di Aula Makodim setempat di Denpasar, Jumat (18/9/2020).

Kasdim 1611/Badung, Letkol Inf I Gusti Ngurah Wiliantara menyampaikan bahwa TMMD ini berdasarkan usulan masyarakat.

“Kegiatan TMMD ini bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar,” jelasnya.

Pasiter Kodim 1611/Badung, Mayor Inf Made Mustika menyampaikan, TMMD akan berlangsung di Desa Kesiman, Kertalangu, Denpasar Timur.

“Yang mendasari kegiatan TMMD merupakan permohonan dari Desa Kertalangu sendiri. Dan Didahulu pra TMMD yang dilaksanakan pada 4 September dan berakhir 14 September 2020,” imbuhnya.

Menurutnya, pembukaan akan dilaksanakan di Wantilan Gong Perdamaian, Desa Budaya Kertalangu pada Selasa 22 September 09.00 WITA. Di mana akan dibuka Gubernur Bali atau Walikota Denpasar.

“TMMD berlangsung selama satu bulan yakni dari tanggal 22 -21 Oktober 2020,” ujarnya.

Tambah dia, dalam TMMD tersebut ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Mulai dari membuat senderan sepanjang 700 meter, rabat jalan usaha tani dari Pura Dalem hingga Desa Budaya Kertalangu sepenajang 350 meter, pembuatan jembatan yang menghubungkan jalan besar dengan jalan tani, hingga bedah rumah di Banjar Kertalangu.

“Selain kegiatan fisik, TMMD juga menyasar kegiatan nonfisik, seperti bela negara, wasbang, hingga gerakan anti narkoba dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten dibidangnya,” sebutnya.

Sedangkan untuk penempatan pasukan, jelas dia, karena pandemi maka tidak ditempatkan di rumah penduduk tapi dipusatkan di Gong Perdamaian Kertalangu.

“Alasan pemilihan sasaran TMMD meningkatkan desa budaya hasil pertanian dan berdasarkan permintaan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Kapenrem 163/Wira Satya, Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia membeberkan terkait lomba TMMD ini. Di mana lomba karya jurnalistik ini, sebagai bentuk apresiasi pihak TNI terhadap partisipasi media.

“Kami berprinsip bahwa sesuatu yang berjalan baik harus terus dilaksanakan. Jadi selama perjalanan TMMD di Kodam IX/Udayana selalu mendapatkan juara, kendatipun tidak selalu juara. Ini menandakan rekan-rekan media di wilayah Kodam IX/Udayana sangat baik dalam menyampaikan penulisan,” ujarnya mengapresiasi.

Pihaknya pun menyampaikan persyaratan untuk mengikuti lomba ini, baik itu cetak, online, dan elektronik (televisi). Salah satunya harus terverikasi Dewan Pers.

“Penilaian sangat independen dengan melibatkan para pakar media,” pungkasnya. (Moeljono)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.