RSD Wisma Atlet Terancam Penuh, Pasien Terpapar Covid Antre Berdatangan

  • Whatsapp
Petugas mendata pasien terpapar Covid-19 yang terus berdatangan ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta, Kamis (17/9/2020). (jpc)

JAKARTA | patrolipost.com – Pasien-pasien baru kasus positif Covid-19 di Jakarta terus mengalir menuju Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet. Tower 5 yang baru beberapa hari beroperasi sudah berisi sekitar 600 pasien atau 40 persen kapasitas.

Antrean ambulans sempat terjadi di pintu masuk kompleks RSD pada Selasa malam (15/9). Video yang menunjukkan suasana antrean tersebut beredar luas di berbagai media.

Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen TNI M. Saleh Mustafa mengakui, antrean terjadi pada Selasa sekitar pukul 20.00.

”Peningkatan kedatangan sampai 100 persen. Biasanya datang sekitar 300, ini nambah lagi,” jelas Saleh kemarin (16/9).

Saleh mengungkapkan, pengelola RSD sebenarnya sudah merancang skenario distribusi pasien dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan puskesmas-puskesmas. Namun, pada Selasa malam itu, selain karena peningkatan pasien yang datang, hanya satu pintu kompleks yang dibuka.

Saat ini sudah disiapkan skenario mengoperasikan dua pintu dan dua jalur distribusi pasien. Di gerbang utama, sopir ambulans akan ditanya apakah pasien yang dibawa bergejala Covid-19 atau tidak.

’’Pasien bergejala akan diarahkan ke jalur A yang menuju tower 6 dan 7. Pasien tanpa gejala akan diarahkan ke jalur tower 5,” jelas Saleh. (305/jpc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *