Provinsi Bali Terbanyak Zona Merah Covid-19 di Indonesia

  • Whatsapp
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia Wiku Adisasmito. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Sampai Rabu (16/9/2020) jumlah zona merah Covid-19 di Indonesia sebanyak 41 kabupaten/kota. Provinsi Bali penyumbang terbanyak dengan 6 kabupaten/kota zona merah.

Dari 9 kabupaten/kota di Provinsi Bali, hanya 3 kabupaten yang masuk zona orange (risiko sedang) yakni Jembrana, Tabanan dan Klungkung. Sedangkan 6 kabupaten masuk zona merah yakni Badung, Gianyar, Bangli, Kota Denpasar,  Karangasem, Buleleng.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari situs resmi Pemprov Bali, infocorona.baliprov.go.id, pasien positif di Bali per Rabu (16/9/2020) sebanyak 7.429 orang (WNI 7.403, WNA 26), pasien dalam perawatan 1.354 orang (WNI 1.350, WNA 4), pasien sembuh 5.887 orang (WNI 5.867, WNA 20). Sedangkan pasien meninggal dunia 188 orang (WNI 186, WNA 2).

Angka itu didapat setelah adanya penambahan kasus baru sebanyak 50 orang dan, pasien sembuh 50 orang pada Rabu. Sedangkan pasien meninggal dunia sebanyak 4 orang. Pasien meninggal masing-masing berasal dari Buleleng (2 orang), Karangasem (2 orang).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/9/2020) mengungkapkan, per 6 September jumlah zona merah di Indonesia masih 70 daerah. Namun data per 13 September menjadi 41 daerah.

Dia mengungkapkan, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat pada awal pekan terjadi penurunan risiko penularan Covid-19 di 34 kabupaten/kota yang sebelumnya adalah zona merah, kini berubah menjadi zona oranye (risiko penularan sedang).

Meningkatnya zona oranye juga menunjukkan adanya indikasi terjadi peningkatan risiko dari wilayah yang sebelumnya hijau. “Zona oranye mohon betul-betul untuk memperhatikan agar pengendalian kasusnya diperhatikan, dan protokol kesehatan dijalankan agar zonanya menjadi zona ringan dan tidak ada kasus baru lagi,” katanya. Adapun zona oranye saat ini jumlahnya mencapai 293 (57 persen) kabupaten/kota.

Berikut ini data zona merah per 13 September yang diambil dari Peta Risiko di laman Covid19.go.id, Rabu (16/9/2020).

Aceh (Aceh Jaya, Kota Sabang, Aceh Besar)

Sumatera Utara (Deli Serdang, Kota Sibolga, Mandailing Natal, Kota Medan)

Sumatera Selatan (Muara Enim)

Riau (Kota Pekanbaru, Siak, Kampar)

Kepulauan Riau (Kota Batam)

Jawa Barat (Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cimahi)

DKI Jakarta (Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara)
Jawa Tengah (Pati, Rembang)

Jawa Timur (Banyuwangi, Pasuruan, Kota Malang, Kota Pasuruan)

Bali (Badung, Gianyar, Bangli, Kota Denpasar,  Karangasem, Buleleng)

Maluku (Kota Ambon)

Kalimantan Timur (Kota Bontang, Kota Samarinda, Kota Balikpapan)

Kalimantan Tengah (Barito Utara, Barito Timur, Kota Palangkaraya)

Kalimantan Selatan (Tapin, Hulu Sungai Tengah, Kotabaru). (807)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *