Pangdam: Wasrik Penting Cegah Penyimpangan Penggunaan Anggaran

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara saat menerima kunjungan rombongan Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) yang dipimpin Brigjen TNI Heri Kuswanto SIP.

DENPASAR |  patrolipost.com – Peranan pengawasan dan pemeriksaan (wasrik) menjadi sangat penting untuk mencegah terjadinya penyimpangan penggunaan anggaran, dan kegiatan current audit dititikberatkan pada pemeriksaan yang bersifat mengutamakan konsultasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi pada program kerja yang sedang dilaksanakan. Sehingga nantinya bisa mendapatkan solusi penyelesaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian dikatakan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (15/9/2020), saat menerima kunjungan rombongan Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) yang dipimpin Brigjen TNI Heri Kuswanto SIP dalam rangka kegiatan pengawasan Current Audit Itjenad TA 2020 di satuan jajaran Kodam IX/Udayana.

Bacaan Lainnya

Dalam taklimat awal Pangdam berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai yang direncanakan, sehingga berbagai tujuan yang ditetapkan dapat tercapai serta  dapat meminimalisir kesalahan administrasi.

Current audit merupakan proses wasrik terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran (progjagar) yang sedang berjalan dan merupakan bagian dari fungsi manajemen dalam berorganisasi. Sehingga kehadiran Tim Wasrik Itjenad ke Kodam IX/Udayana ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran program satuan.

“Saya perintahkan kepada para Asisten, Dansat/Kabalak jajaran Kodam IX/Udayana, agar membantu Tim Wasrik Current Audit Itjenad, dengan menyiapkan data pendukung seperti, administrasi, materiil, serta laporan pertanggungjawaban perbendaharaan dan keuangan TA 2020 yang telah berjalan di satuan masing-masing,” tegas Pangdam, seraya mengingatkan untuk memanfaatkan kegiatan ini agar kedepan dapat lebih berdaya dan berhasil guna, untuk mendukung kelancaran tugas pokok Kodam IX/Udayana.

Irjenad dalam amanatnya yang dibacakan Ketua Tim Wasrik Current Audit, menjelaskan bahwa tugas pokok Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) adalah membantu Kasad dalam menyelenggarakan pengawasan umum dalam rangka mendukung tugas TNI AD. Juga merupakan sarana pengendalian organisasi dalam suatu sistem manajemen organisasi modern yang harus dilakukan secara terus menurus dan berkesinambungan.

Dalam acara yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut, dihadiri Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Asrendam dan para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL dan LO AU serta beberapa Komandan/Kabalakdam IX/Udayana. Diikuti juga secara virtual oleh Danrem 161/Wira Sakti, Danrem 162/Wira Bhakti, dan Danbrig 21/Komodo di masing-masing satuan. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.