Pushidrosal Gelar Webinar “Autonomous Technologies Hydrographic Office Challenges and Opportunities”

JAKARTA | patrolipost.com – Salah satu kontribusi nasional bagi komunitas hidrografi internasional dalam memperingati Hari Hidrografi Dunia tahun 2020, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar webinar bertajuk “Autonomous Technologies Hydrographic Office Challenges and Opportunities” di Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Dalam keynote speech, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, mengatakan, kehadiran autonomous technologies (teknologi otonomi) dalam bidang hidrografi sangat penting. Dengan metoda baru yang cepat dan efektif dalam hal pemetaan laut, sehingga dapat menghasilkan peta laut yang akurat dan dapat diandalkan.

“Hal ini sangat membantu dalam percepatan dan cakupan dalam kegiatan survei hidro-oseanografi,” ujar Kasal.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dengan lembaga hidrografinya menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi untuk mendukung visi pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr Ir Harjo Susmoro, S.lSos, SH, MH, menyampaikan bahwa ditengah pandemi Covid-19, maka penyelenggaraan seminar internasional ini dilakukan secara virtual. Namun hal ini tidak mengurangi antusiasme komunitas hidrografi dunia dunia untuk mengikuti kegiatan yang digelar Pushidrosal ini.

Mengingat letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudera, Indonesia harus mempunyai peran penting. Untuk itu, ketersediaan data dan informasi hidro-oseanografi sangatlah penting bagi pembangunan sektor kemaritiman, konektivitas antarpulau, dan guna mendukung poros maritim dunia. “Hidrografi bukan hanya sekedar peta laut, tapi kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut suatu negara,” katanya.

Acara ini menghadirkan beberapa pembicara, baik dari dalam maupun luar negeri, diantaranya RADM Luigi Sinapi (Direktur IHO), Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, (sebagai keynote speaker), Hans Christoffer Lauritzen (Direktur Primar/ Norwegia), Trias Aditya, PhD (Geodesi UGM), Ole Kristensen (SW Manager EIVA Maritime Survey and Contruction Solutions Denmark), serta Ir Yudi Hendarto (Direktur Explora Prima Survey Specialist).

Kegiatan webinar ini ratusan peserta, dimana dari lingkup nasional, para peserta terdiri dari berbagai kementerian dan lembaga diantaranya, Kemenkomar, Kemhan, Kemenhub, BPN/ATR, BIG, BPPT, KKP, KemenESDM, KemenPUPR, KNKT, BNPB, Bakamla, Bappeda, LAPAN, Kemlu, Kemenparekref, TNI-Polri, BUMN/swasta dan profesional, serta perguruan tinggi.

Dari lingkup internasional, diikuti perwakilan dari 35 negara, diantaranya Australia, Brazil, Prancis, Jerman, Hongkong, India, Jepang, Madagascar, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Nigeria, Norway, Filipina, Polandia, Rusia, Inggris, serta Amerika Serikat. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.