Akibat Over Suplai Peternak Ayam Bali Bagikan Ribuan Ayam Broiler, Gratis di Tabanan

Pembagian ayam gratis di Tabanan.

 

Bacaan Lainnya

 

TABANAN | patrolipost.com – Akibat kondisi peternak yang dianggap sudah tidak mampu llagi membeli pakan maupun bibit guna melangsungkan produksi ternak, Forum Peternak Rakyat Bali turun ke jalan dengan menggelar aksi bagikan ribuan Ayam Potong (Ayam Broiler) kepada masyarakat secara gratis di Depan Gedung Mario, Tabanan, (31/8/2020)

“Ada seribu ekor lebih ayam dengan berat 2 sampai 3 kilo dibagikan dari perhimpunan peternak di seluruh Bali. Ini merupakan bentuk keprihatinan kami juga. Aksi yang pertama dan spontanitas dilakukan menyasar daerah Tabanan dan selajutnya akan menyasar daerah-daerah lainnya di Bali,” ucap Ketua Asosiasi Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Broiler Bali, I Ketut Yahya Kurniadi, disela kegiatan.

Seperti dikatehui faktor penyebab terjadinya bagi ayam gratis, musababnya persediaan stok ayam meluber. Selain itu, menurunnya daya beli masyarakat juga jadi penyebab. Padahal antisipasi telah dilakukan, seperti dengan membatasi jumlah ayam masuk. Jika dilihat sebelumnya, dalam perhari total ayam masuk rata-rata 100 persen dan telah dikurangi sebesar 50 sampai 60 persen.

“Meskipun pengurangan tersebut telah dilakukan, akan tetapi over suplai masih tetap terjadi. Kita tidak mampu memelihara lagi karena, pokoknya saja sudah dikisaran harga Rp 19.500.Bukan untung kita dapatkan melainkan, buntung jika dilihat dari jumlah tersebut,” ujarnya.

Terkait kondisi tersebut Dirinya berharap pemerintah harus ikut melakukan evaluasi. Setidaknya, lembaga eksekutif harus mampu menganalisanya juga.

“Jika dilihat saat ini, telah ada 2 Pergub yang mengayomi kita. Akan tetapi, saat ini tidak ada yang jalan dan tidak ada yang mengawasi juga,” tukasnya.

Selain itu dirinya menambahkan, Pemerintah Provinsi Bali setidaknya harus sigap juga, apa lagi dalam kondisi Covid-19 saat ini. Yang terpenting dalam hal ini, sebaran bibit Ayam yang harus dikontrol.

“Jika masih kondisinya seperti terjadi tentu kita akan tetap melakukan aksi yang sama (aksi sosial) seperti apa yang telah dilakukan saat ini di Tabanan,” tutupnya.

Pantauan dari seputaran Gedung Mario, masyarakat yang berlalu lalang begitu antusias saat mengetahui ada pembagian ayam gratis. Tak menunggu lama seribu ekor lebih ayam yang diangkut menggunakan mobil pick up pun langsung ludes disapu massa yang memang sudah mengantri. (Red)

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.