Pilkada Bangli: Golkar Siap Berkompetisi dengan Koalisi Besar

Ketua DPD II Golkar Bangli, Gusti Made Winuntara.

BANGLI | patrolipost.com – Arah dukungan partai politik dalam Pilkada Bangli sudah mulai mengerucut. Sebagai parpol pemenang pemilu, PDI-P mengusung pasangan calon Sang Nyoman Sedana Arta-I Wayan Diar. Sementara pesaingnya Partai Golkar mengusung calon I Made Subrata-Ngakan Kutha Parwata.

Sementara jika dilihat dari peta koalisi dari  parpol pengusung, PDI-P mendapat sokongan dari Partai Demokrat, Hanura, Gerindra dan PKPI. Sedangkan Golkar hanya menjalin koalisi dengan Nasdem. Jika dilihat di atas kertas  PDI-P dengan raihan 16 kursi  ditambah  Demokrat 3 kursi, Hanura 1 kursi, Gerindra 1 kursi dan PKP 1 kursi  maka total jumlah 22 kursi unggul jauh dari Golkar yang hanya meraih 6 kursi dan Nasdem 2 kursi. Walaupun demikian Golkar tetap berkeyakinan paslon yang diusung akan mampu memenangkan hajatan Pilkada Bangli.

Bacaan Lainnya

Ketua DPD II Golkar Bangli I Gusti Made Winuntara saat dikonfirmasi terkait beberapa parpol yang memiliki wakilnya di parlemen berkoalisi dengan PDI-P dalam Pilkada mengatakan, Golkar baru menjalin koalisi dengan Nasdem. “Walupun  baru berkoalisi dengan Nasdem tapi kita tetap siap memenangkan Pilkada  dan Golkar sendri sudah terbiasa dengan retorika politik seperti ini,” ungkapnya, Minggu (30/8/2020).

Kata tokoh Golkar asal Banjar Sedit, Kelurahan Bebalang ini konteks Pilkada beda dengan Pileg, dimana dalam Pilkada masyarakat disuguhkan dengan dua pasangan colon. Sedangkan dalam Pileg  persertanya dari berbagai warna.

”Konteks Pilkada masyarakat tentu akan memilhat bobot calon, Partai Golkar sendiri dalam merekomendasi calon sudah mengacu pada mekanisme seperti hasil survai dan kredibilitas serta kemampuan intelektualnya, dan calon yang kami usung tidak perlu lagi disangsikan,” sebut Gusti Made Winuntara.

Sementra disinggung terkait persiapan, kata Gusti Made Winuntara,  besok (Senin-red)  akan dilaksanakan  rapat pleno untuk membahas masalah pembentukan tim pemenang. Tim ini nantinya  akan melibatkan kader Golkar dan dari partai  koalisi (Nasdem) serta relawan.”Sebelum pendaftaran nanti sudah terbentuk tim pemenangan,” jelasnya.

Bertalian dengan hajatan Pilkada DPD I Golkar Bali telah mempersiapkan tim advokasi yang nantinya akan menjalankan tugas jika terjadi sengketa.

”DPD Golkar Bali juga mempersiapkan tim pemikir dalam hal penyusunan visi dan misi sehingga semua keinginan  bisa terakomodir,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan jika pihaknya menjalani komunikasi secara intens dengan partai politik lainnya. Tidak hanya yang memiliki kursi di DPRD Bangli, namun juga partai lainnya. Menurut Sedana Arta, partai yang belum ada perwakilan di dewan sudah lebih dulu menjalin komunikasi.

“Kami sudah komunikasi sejak lama dengan rekan di partai politik. Hari ini dari Partai Demokrat menyerahkan rekomendasi secara resmi. Kami harap partai lainnya juga memberikan dukungan secara resmi,” sebutnya singkat. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.