Distan Denpasar Laksanakan Vaksinasi Rabies di Banjar Abasan

Pelaksanaan vaksinasi di Banjar Abasan Desa Padangsambian Kelod. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Guna menjaga Kota Denpasar tetap zero kasus rabies, Dinas Pertanian Kota Denpasar secara berkelanjutan melaksanakan vaksinasi rabies sebagai upaya antisipasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, Gede Ambara Putra di Denpasar, Senin (24/8/2020).

“Pelaksanaan vaksi terus kami lakukan. Namun, dalam pemberiannya, kini tak lagi memberlakukan sistem door to door ke rumah-rumah untuk vaksinasi hewan warga. Hal itu dikarenakan adanya pandemi Covid-19,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ambara Putra menerangkan, vaksinasi ini menyasar anjing liar dan anjing di perbatasan serta di tempat wisata dan pesisir pantai. Adapun kali ini dilaksanakan di Banjar Abasan Desa Padangsambian Kelod yang merupakan perbatasan daerah.

“Kami utamakan anjing liar dan anjing di daerah perbatasan serta di daerah wisata dan pesisir pantai,” terang Ambara.

Kendati tak melakukan vaksinasi door to door ke rumah warga, namun petugas tetap turun melakukan vaksinasi anjing liar. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar Denpasar tetap zero kasus rabies. Bagi masyarakat yang mau melakukan vaksinasi, pihaknya mempersilakan untuk datang ke Dinas Pertanian atau ke kantor masing-masing kecamatan dan juga UPTD Pusat Kesehatan Hewan Kota Denpasar.

Selain itu, Ambara mengungkapkan, telah menyiagakan satu orang dokter hewan di masing-masing kantor kecamatan. Sementara masyarakat tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.

“Sebelum datang juga bisa menghubungi Dinas Pertanian untuk memastikan. Kami layani sampai pukul 12.00 Wita. Setelahnya petugas akan turun ke lapangan untuk melakukan vaksinasi,” tandasnya. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.