Gara-gara ‘Anak Durhaka’ Ini PSG Gagal Juara Liga Champions

Kinsgley Coman

LISBON | patrolipost.com – Impian Paris Saint-Germain (PSG) untuk merengkuh trofi Liga Champions 2019-2020 buyar setelah dikalahkan Bayern Munchen di laga final 0-1 di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Senin (24/8/2020) dini hari WIB.

Kekalahan terasa semakin menyakitkan bagi PSG karena gol kemenangan Bayern dicetak oleh Kinsgley Coman yang tak lain merupakan pemain jebolan akademi Les Parisiens, julukan PSG. ‘Sang Anak Durhaka’ ini membobol gawang PSG kawalan Keylor Navas dengan kepalanya setelah menerima umpan matang Joshua Kimmich.

Keberhasilan Coman mencetak gol di final Liga Champions 2019-2020 pun membuat dirinya kini sejejar dengan Karim Benzema dan Zinedine Zidane. Ya, Coman menjadi pemain kelima yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor kala tampil di Final Liga Champions.

Selain Coman, Benzema, dan Zidane, sejatinya terdapat dua pemain asal Prancis lainnya yang berhasil mencetak gol di Final Liga Champions. Kedua nama tersebut adalah Marcel Desailly di musim 1993-1994, serta Basile Boli 1992-1993.

Coman menimba ilmu sepakbola sewaktu kecil di PSG. Ia mencatatkan empat penampilan untuk tim senior PSG tanpa menorehkan gol ataupun assist. Coman sekali tampil di Liga Prancis 2012-2013 dan tiga kali berlaga untuk PSG pada musim berikutnya.

Setelah itu, PSG menjual Coman secara gratis ke Juventus pada bursa tranfer musim panas 2014. Karier Coman di Juventus tidak berjalan mulus. Pemain asal Prancis itu hanya tampil 20 kali dengan torehan satu gol dan dua assist untuk Juventus pada musim debutnya.

Juventus lalu meminjamkan Coman ke Bayern Munchen pada bursa transfer musim panas 2015. Coman menjadi pemain pinjaman di Bayern selama dua musim.

Coman yang waktu itu berumur 19 tahun mulai menemukan sentuhannya bersama Die Roten – julukan Bayern. Coman mencatatkan enam gol dan 12 assist dalam 37 penampilan untuk Bayern pada musim debutnya.

Waktu bermain Coman pada musim keduanya berkurang sehingga kontribusi untuk Bayern pun ikut menurun. Pemain asal Prancis itu tampil dalam 25 pertandingan Bayern dengan catatan dua gol dan satu assist.

Namun, Bayern tetap mengaktifkan opsi mempermanenkan dalam kontrak peminjaman Coman. Bayern pun membayar Juventus 21 juga euro (sekira Rp365 miliar) demi memiliki jasa Coman.

Keputusan Bayern berbuah manis karena Coman menjadi pahlawan dengan golnya ke gawang PSG. Gol tunggal Coman membuat Bayern meraih trofi Liga Champions keenam menyamai prestasi Liverpool pada musim lalu. (305/ric)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.