Beringin Keramat di Pura Kahyangan Manik Bingin Terbakar

Api melalap pohon beringin keramat di Pura Manik Bingin, Kemoning, Minggu (23/8/2020). (ron)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Warga pengempon Pura Kahyangan Manik Bingin, Kemoning, Semarapura Klod dikejutkan dengan terbakarnya pohon beringin keramat yang ada di Jabe Pura, Minggu (23/8/2020) pukul 16.00 Wita.

Kapolsek Klungkung, Kompol Nyoman Suparta SH membenarkan kejadian terbakarnya pohon beringin yang ada di Jabe Pura Manik Bingin,Kemoning, Semarapura Klod. Bersyukur, kejadian tersebut tidak meluas dan tak ada korban jiwa saat insiden tersebut.

Wayan Sutarjana (52), saksi mata yang melihat kebakaran tersebut mengatakan, kebakaran berawal pada Minggu (223/8/2020) sekitar pukul 07.00 Wita, Krama pengempon Pura Dang Kahyangan Manik Bingin melaksanakan kerja bakti bersih bersih. Selanjutnya sampah dari kerja bakti dibakar di sebelah selatan pohon beringin di Jabe sisi Pura.

Usai gotong royong selanjutnya sekitar pukul 08.00 Wita, warga langsung pulang ke rumah masing-masing. Warga lupa bekas pembakaran sampah, apinya masih hidup dan menyala.

Sekitar pukul 16.00 Wita, Wayan yang rumahnya tepat berada di sebelah Utara Pura melihat api sudah membesar membakar pohon beringin dimana batang pohon beringin sudah meranggas kering sehingga api dengan cepat menyala hingga ke ranting beringin paling atas.

Kejadian itu langsung dilaporkan warga Jalan Untung Surapati no 44 ini ke pihak pura dan ke Polres Klungkung. Kemudian Klian Pura Nengah Sumarjana membunyikan Kentongan bulus (Kulkul) Pura, sambil menunggu datangnya bantuan Mobil Damkar Klungkung.

“Warga sekitar ikut melakukan pemadaman secara spontan dengan menggunakan selang air. Pukul 16.30 Wita Damkar datang dan langsung memadamkan api yang membakar pohon beringin. Beruntung, tidak ada korban jiwa saat kejadian tersebut,” terang Kompol Nyoman Suparta. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.