Pemelaspasan dan Pecaruan Rsi Gana Banjar Jaba Jati Desa Adat Kepaon

  • Whatsapp
Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat menghadiri karya Pemelaspas dan Pencaruan Rsi Gana Palinggih Ratu Gede Penyarikan di Banjar Jaba Jati, Desa Adat Kepaon, Kecamatan Denpasar Selatan, Sabtu (22/8/2020).

DENPASAR | patrolipost.com – Sebagai kota berwawasan budaya, denyut nadi kehidupan masyarakat Kota Denpasar tak pernah lepas dari aktivitas keagamaan, adat, seni dan kebudayaan. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat menghadiri karya Pemelaspas dan Pencaruan Rsi Gana Palinggih Ratu Gede Penyarikan di Banjar Jaba Jati, Desa Adat Kepaon, Kecamatan Denpasar Selatan yang bertepatan dengan Saniscara Kliwon Wariga, Sabtu (22/8/2020).

Kegiatan Pemelaspasan ini dilaksanakan setelah pembangunan Palinggih Ratu Gede Penyarikan rampung. Kegiatan yang juga dihadiri tokoh masyarakat setempat, OPD terkait, Bendesa Adat Kepaon, Perbekel Pemogan, serta masyarakat setempat berjalan sangat khusuk diiringi dengan tarian, tetabuhan serta kekidungan.

Bacaan Lainnya

“Pemelaspasan dan Pecaruan Rsi Gana ini diharapkan mampu membawa krama Banjar Jaba Jati ke dalam kesejahteraan dan kebaikan jasmani maupun rohani dan nantinya bisa berkontribusi dalam mendukung pembangunan di Kota Denpasar,” kata Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara mengajak masyarakat agar senantiasa meningkatkan rasa persatuan di kalangan krama sehingga dalam melaksanakan upacara Yadnya dapat berjalan dengan lancar. Sementara itu, Manggala Karya, Made Gede Wirawan mengungkapkan, rangkaian upacara melaspas dan Pecaruan Rsi Gana diawali dengan mecaru dilanjutkan dengan mendem pedagingan serta persembahyangan bersama. Dalam kesempatan tersebut, Jaya Negara bersama penglingsir desa setempat juga melaksanakan mulang dasar serta mendem pedagingan.

“Kami sangat bersyukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena rangkaian upacara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” jelas Wirawan.

Selain itu, pihaknya bersama warga masyarakat juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkot Denpasar yang turut serta dalam mendukung pelaksanaan upacara ini.

“Semoga apa yang menjadi harapan masyarakat, prawartaka karya serta warga banjar Jaba Jati ini dapat tercapai sesuai tujuan dari pelaksanaan upacara ini,”pungkasnya. (cr02)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *